iklan
Buton

Bupati Buton Ikut Bangga Presiden dan Ibu Negara Kenakan Pakaian Adat Kesultanan Buton pada Upacara HUT ke-77 RI

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA. COM – Menjadi sebuah kebanggan bagi Sulawesi Tenggara, khususnya Kepulauan Buton karena pada HUT ke-77 RI tahun ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan pakaian adat kebesaran Kesultanan Buton.

Ini kali pertama pakaian Kesultanan Buton dikirim ke Istana Negara. Beberapa tahun lalu, pakaian adat Buton berupa jubah dipakai oleh Menteri Agama kala mengikuti upacara kemerdekaan 17 Agustus.

Dolomani adalah nama dari pakaian adat Sultan Buton terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah yang dikenakan Jokowi. Pakaian ini dikenakan dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat).

Dolomani dikenal dengan dua warna yakni merah dan hitam yang merupakan salah satu di antara pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi kesultanan.

Ibu negara Iriana Jokowi juga memakai baju adat Buton seperti yang dikenakan kepala negara. Iriana memakai baju adat Buton berwarna biru – emas yang disebut kombo, pakaian adat kebesaran bagi para wanita Buton. Sedangkan sarung yang dikenakan berwarna kuning hitam dalam busana pengantin adat Buton disebut bia ogena.

Pelengkap dari busana adat Buton juga adalah gelang emas yang disebut simbi, dan pengikat tangan yang disebut kabokena lima.

Iriana juga memakai tutup kepala dalam adat Buton disebut tipolo. Tipolo memiliki beberapa hiasan seperti bunga ija/bigi sebagai penyangga, kemudian terdapat patiga, gulu-gulu, popungu. Patiga adalah kain ukiran di atas beludru hitam yang dipasang menutupi telinga.

Bupati Buton La Bakry mengatakan sebagai warga eks Kesultanan Buton sangat berbangga atas kesempatan ini. Pemilihan pakaian adat sebagai nominasi pakaian presiden adalah penghargaan. Ketika pakaian ini digunakan, Buton juga akan dikenal memiliki peradaban yang agung.

“Selama ini kita perjuangkan daerah eks Kesultanan Buton sehingga bisa mendapat ruang di hati Presiden dan kita berharap Presiden bisa berkunjung ke daerah Kepulauan Buton,” kata Bupati kepada awak media usai mengikuti Upacara Kenegaraan via virtual di Aula Kantor Bupati Buton. (bds)

 

Reporter: Lia
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button