Metro Kendari

Di Tangan Dingin Husain Sampaga, Baju Adat Buton yang Dikenakan Jokowi Hanya Butuh Dua Hari untuk Dijahit

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) tahun 2022 cukup menyedot perhatian masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air.

Pasalnya, dalam upacara bendera pagi tadi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022), seluruh tamu undangan dalam negeri masing-masing mengenakan baju adat khas daerah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri mengenakan pakaian atau baju adat kebesaran Kesultanan Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Tak hanya Jokowi, ibu negara Iriana Jokowi juga memakai baju adat asal Buton tersebut.

Di balik baju adat yang dikenakan Jokowi, ada sosok desainer yang sangat berjasa menyiapkan baju adat Buton tersebut. Dia adalah Husain Sampaga, desainer kelahiran Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sultra.

Akun media sosial (medsos) Tiktok Produk Buton memposting sebuah video gambar berdurasi 21 detik yang menunjukkan sosok di balik desainer baju adat Buton yang dipakai Presiden Jokowi.

Dalam tautan tersebut, dia mengatakan Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara.

“Saya Husain Sampaga, penjahit Harapan Super Baubau, asal Binongko, Kabupaten Wakatobi,” kata dia.

Husain Sampaga juga mengucapkan syukur dan terima kasihnya, berkat doa seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, baju yang dia jahit bisa digunakan Presiden Jokowi dan Ibu Negara.

“Berterima kasih yang sebesar besarnya atas doa kita semua. Alhamdulillah pakaian Kesultanan Buton, yang saya jahit dipakai oleh Bapak Jokowi Presiden RI pada upacara HUT ke-77 RI tanggal 17 Agustus 2022 hari ini di Istana Negara,” ungkap dia.

Dalam tautan tersebut, Husain Sampaga juga menceritakan bagaimana proses pembuatan baju adat Kesultanan Buton yang hanya membutuhkan waktu dua hari.

“Saya jahit hanya dua hari waktunya, yakni tanggal 14 harus sudah tiba di Istana Negara. Ini suatu kebanggaan kita bersama warga Sulawesi Tenggara, Baubau, Buton dan Wakatobi Binongko karena saya asal Binongko Kabupaten Wakatobi,” pungkasnya.

Diketahui, postingan akun Produk Buton itu, sudah ditonton sebanyak 93.4 ribu orang dan like 7.140 serta 190 komentar. (ads)

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button