Metro Kendari

Pemkot Kendari Lakukan Sosialisasi kepada Pemilih Pemula Jelang Pilwali 2024

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendari melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula yakni siswa SMA lingkup Kota Kendari jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam hal ini Pilwali 2024.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengatakan, setiap warga negara berhak mengetahui hak dan kewajiban dalam berpolitik, termasuk hak pilih, tidak terkecuali bagi siswa SMA maupun SMK sebagai pemilih pemula.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat memicu semangat para siswa dalam mengikuti Pilkada Serentak 2024 di Kendari,” tuturnya saat membuka kegiatan sosialisasi bagi pemilih pemula di Ruang Samaturu Balai Kota Kendari, Selasa (27/08/2024).

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Sultra 2018-2023, Muh. Nato Alhaq selaku pemateri mengatakan, sebagai pemilih terutama pemilih pemula perlu memastikan namanya telah tertera di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pastikan diri kita terdata di DPT, DPT itu ialah yang umurnya sudah genap 17 tahun. Sekarang sudah bisa dicek secara online,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin menyampaikan, dalam pemilu salah satu hal yang perlu diwaspadai ialah money politic atau politik uang.

“Sebagai generasi masa depan hal yang perlu ditanamkan kepada siswa ialah pentingnya memerangi politik uang, mereka inilah yang menjadi garda terdepan untuk melawan hal tersebut,” tuturnya.

Peran generasi dalam penyelenggaraan demokrasi dan pemilu bukan hanya sebagai agent of change, agent of control, dan agent of share tetapi para generasi ini merupakan pemimpin, karena dalam setiap perubahan ke arah yang lebih baik di Indonesia selalu dipelopori oleh generasi muda.

Adapun siswa SMA yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini ialah SMAN 1 Kendari, SMAN 3 Kendari, SMAN 5 Kendari, dan SMKN 1 Kendari. (bds)

 

Reporter: Septiana Syam
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button