Politik

Apresiasi Santri dan Ulama, PKS Sultra Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera Sulawesi Tenggara (PKS Sultra). menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) bertempat di kantor DPW PKS Sultra, Minggu (4/12/2022).

Ketua Fraksi PKS DPRD Sultra M. Poli mengatakan, LBKK adalah wujud apresiasi PKS kepada para ulama dan santri. Ini juga merupakan bentuk rasa hormat kepada para ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan. Warisan mereka berupa buku atau kitab dan pesantren adalah lembaga pendidikan tertua di Indonesia.

“PKS juga mengadakan lomba pidato proklamasi mirip Bung Karno pada Agustus kemarin, lomba ini merupakan agenda rutin tahunan, juga sebagai bentuk komitmen dari PKS sebagai partai yang nasionalis dan religius,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Lanjutnya, juara pertama dari babak penyisihan ini akan dikirim ke Jakarta untuk bersaing dengan juara pertama dari daerah lainnya yang digelar 13 Desember 2022. Juara pertama tingkat nasional akan mendapat hadiah umrah.

Sementara Ketua DPW Sultra, Yaudu Salam Ajo menuturkan, lomba tersebut bertujuan agar tradisi membaca kita kuning bisa terwariskan. Pasalnya banyak kitab moderen yang bermuculan sehingga PKS berinisiatif agar kitab kuning ini bisa dilestarikan di lingkungan pesantren.

“Ini juga untuk membangun silaturahmi yg kuat antara pondok pesantren dan PKS, agar PKS diklaim bukan hanya mengurus partai. Tatapi hadir memberikan semangat dan kolaborasi di bidang pendidikan,” bebernya saat dihubungi via telepon.

Ada pun peserta yang ikut dalam lomba tersebut berjumlah 19 orang dengan menghadirkan tiga dewan Juri yang terdiri dari Ustaz Junaidi, Ustaz Baiq Saidah Har, dan Ustaz Fajar Miswanto. (bds)

 

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button