Metro KendariPendidikan

Siap-siap! Ini 11 Jurusan PPG yang Dibuka UHO

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Setelah mendapat izin dari Kemenristekdikti, Universitas Halu Oleo (UHO) tahun ini membuka Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program ini dibuka untuk 11 jurusan, diantaranya pendidikan matematika, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan fisika, kimia, biologi, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sejarah, penjaskesrek, dan pendidikan geografi. Selain itu, PPG ini juga bisa diikuti oleh jurusan nonkependidikan.
“Tidak harus dari FKIP, yang penting masih sebidang, misalnya yang mau jadi guru biologi harus dari jurusan pendidikan biologi atau dari biologi MIPA. Tidak boleh yang ingin jadi guru biologi dari pertanian mau ikut PPG” jelas Dekan FKIP Dr. Jamiludin.
Kuota yang dibutuhkan PPG tahun ini hanya 20 orang per bidang ilmu, dengan tenaga pengajar yang bergelar doktor di bidang pendidikan berjumlah enam orang tiap bidang ilmu. Seleksi untuk mendaftar PPG ini akan dilakukan dengan sistem komputer.
Setelah selesai PPG, calon guru dapat mengikuti tes guru di seluruh Indonesia. “Kalau misalnya lulus maka secara otomatis dia mendapat dua gaji sekaligus. Gaji pokok dan tunjangan sertifikasi guru. Begitu juga dengan guru honorer, hanya bedanya tunjangan sertifikasinya sama dengan gaji pokok golongan III/A,” pungkasnya.
Selain mendapatkan sarana yang memadai, seperti ruangan full AC, Wi-Fi, dan buku-buku, peserta PPG juga akan disubsidi Rp7,5 juta.
Reporter: Uchi indah sari
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button