Metro Kendari

Hidup Sendirian dan Mengidap Mag, Seorang Kakek di Kolut Dapat Santunan dari Minaula Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kisah pilu datang dari seorang kakek berinisial SB berusia 71 tahun yang saat ini berada Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia tinggal seorang diri atau sebatang kara di rumah miliknya.

Lansia ini sebelumnya telah mengidap penyakit mag akut dan sempat dirawat di rumah sakit, kemudian kembali ke rumah serta dirawat oleh warga sekitar.

Dengan melihat kondisi semakin terlantar ditambah lagi tidak memiliki kerabat, sehingga warga setempat mengadukan ke Loka Lansia Minaula Kendari terkait adanya lansia terlantar dengan kondisi sudah terbaring selama kurang lebih dua bulan lamanya.

Menyikapi hal itu, Loka Lansia Minaula Kendari menurunkan tim untuk melaksanakan respon kedaruratan terhadap lansia SB.

Kepala Loka Lansia Minaula Kendari Syamsuddin mengimbau agar segera melakukan konferensi kasus dan membentuk tim kedaruratan yang terdiri dari pekerja sosial dan penyuluh sosial untuk dikirim ke lokasi.

Namun sebelum melakukan intervensi terhadap lansia, pihaknya terlebih dahulu menjelaskan kepada warga sekitar bahwa tugas, maksud, dan tujuan datang ke kediaman lansia ini guna meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

“Bahwa lansia SB akan kami berikan layanan pendekatan residensial dan dilakukan pendampingan dari aspek psikososial, perawatan dari aspek fisik, jika kondisi yang bersangkutan membaik, juga situasi sudah kondusif, kami akan berencana merujuk lansia ke kerabatnya yang berada di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi,” ujarnya.

Dalam proses asesmen yang juga disaksikan oleh warga sekitar, lansia SB bersedia mendapatkan layanan di Loka Lansia Minaula Kendari.

Salah seorang warga sekitar, Aryn, mengungkapkan rasa khawatir kepada lansia SB dengan kondisi sakit dan tinggal seorang diri di tempatnya.

“Tentunya saya merasa khawatir nantinya kalau lansia ini jadi kurang diperhatikan, biasanya saya sering ikut membantu merawatnya, tapi saya juga harus berbagi waktu dengan keluarga, “ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Utara yang juga ikut dalam kegiatan, Fatimah mengatakan siap bekerja sama dengan Loka Lansia Minaula Kendari.

“Jika nantinya Loka Lansia Minaula Kendari akan mengembalikan ke kerabat lansia ini yang berada di Kabupaten Lumajang, kami siap membantu dalam pengurusan administrasi perpindahan kependudukan dan BPJS yang bersangkutan,” ungkapnya. (cds*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button