Metro Kendari

Alpen: Jumlah PSK di Kendari 933, Beberapa di Antaranya Terjangkit HIV

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Aliansi Perempuan (Alpen) Sultra, dalam memperingati hari perempuan sedunia mengungkapkan data jumlah pekerja seks komersial (PSK) di Kota Kendari saat ini sebanyak 933 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Umum Alpen Sultra, Hasmida Karim. Dari data tersebut, tambah Hasmida, lima persen di antaranya adalah anak di bawah umur, dan dua orang di antaranya telah positif terjangkit HIV.

“Dengan kondisi ini, kami sangat prihatin. Data tersebut semakin memperparah kualitas hidup perempuan di Sultra,” ungkapnya, Jumat (8/3/2019).

[artikel number=3 tag=”psk,hiv,” ]

Ia juga mengatakan, bahwa data PSK itu dibagi menjadi dua bagian, ada yang bekerja secara free lance dan ada yang memiliki lokalisasi.

“Telah terjadi eksploitasi perempuan, beberapa berada di lokalisasi namun ada juga yang bekerja secara free lance dan kebanyakan berasal dari luar Kota Kendari,” lanjutnya.

Menurutnya, para PSK free lance yang datang dari luar daerah tersebut merupakan dampak peralihan sumber daya alam, dari pertanian ke pertambangan sehingga mengurangi mata pencaharian mereka.

“Ini adalah dampak industrialisasi pertambangan yang mengurangi lapangan pekerjaan mereka di bidang pertanian,” tukasnya.

Sejak 2010, Alpen telah melakukan upaya pembinaan dengan sosialisasi reproduksi untuk meningkatkan kesadaran bagi perempuan terkait pentingnya kesehatan reproduksi.

“Kami juga telah mempunyai jaringan diskusi untuk PSK, terkait dengan kesehatan reproduksi,” imbuhnya.

Reporter : Anca
Editor : Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button