Bombana

Dinkes Bombana Temukan Dua Penderita HIV/AIDS

PLAY

BOMBANA, DETIKSULTRA.COM – Sejak awal tahun 2019 hingga bulan Oktober, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bombana menemukan dua pengidap Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), yaitu seorang wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan seorang laki-laki pekerja tambang.

Kendati hanya menemukan dua penderita, namun penularan AIDS perlu diwaspadai, sebab hingga saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit tersebut. AIDS adalah konsidi terburuk stadium akhir dari infeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

HIV sendiri adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel tubuh. Penularan HIV terjadi saat darah, sperma, atau cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang lain.

[artikel number=3 tag=”hivaids,bombana”]

Kepala Dinkes Bombana dr. Sunandar mengatakan, kedua pasien pengidap HIV/AIDS tersebut telah dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas Kendari untuk mendapat penanganan khusus oleh dokter spesialis secara intensif.

“Kedua pasien sudah dirujuk ke Kendari dan tengah menjalani pengobatan secara intensif,” jelas dr. Sunandar.

Untuk itu, dr. Sunandar mengajak masyarakat, utamanya warga Bombana agar sama-sama menjunjung tinggi nilai agama, sosial dan etika serta menjauhi aspek yang berkaitan dengan pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang, agar terhindar dari resiko terjangkit penyakit ini.

Reporter: Arif
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button