Ramadhan

Dahsyatnya Pahala Beri Makan Orang Saat Berbuka Puasa

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COMBulan ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Umat Islam akan berlomba-lomba memperbanyak amalan ibadah untuk meraih keberkahan.

Setiap amalan yang dilakukan umat Islam saat bulan ramadan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Sekecil apapun itu, akan terhitung sebagai pahala.

Bulan ramadan adalah bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga, dan bulan itu adalah bulan yang penuh simpati (tolong menolong), dan bulan ditambahnya rizeki orang mukmin.

Barangsiapa yang memberikan buka puasa untuk orang yang berpuasa di bulan itu maka baginya pengampunan atas dosa-dosanya dan dibebaskan dari api neraka, serta baginya pahala puasa seperti orang yang berpuasa dan tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.

Ketika mendengar hal itu, para sahabat berkata : “Wahai Rasulullah, tidak semua dari kami memiliki sesuatu untuk memberi makan orang yang berpuasa”, maka Rasulullah saw bersabda : “Pahala ini diberikan oleh Allah kepada orang yang memberi makan untuk orang yang berpuasa dengan sebutir kurma atau seteguk air atau susu”.

Dan bulan Ramadhan awalnya adalah rahmah (kasih sayang) Allah, dan pertengahannya adalah pengampunan Allah, serta akhirnya adalah pembebasan dari api neraka.

Liputan6.com memberitakan, salah satu amalan yang sering dilakukan adalah dengan memperbanyak sedekah. Di bulan suci ramadan, sedekah bisa dilakukan dengan cara memberi makan saat berbuka kepada mereka yang berpuasa.

Selain menambah pahala keberkahan, membagikan makanan untuk berbuka puasa juga sebagai bentuk mempererat silaturahmi sesama umat islam.

Melansir dari Dream.co.id, terdapat sejumlah keutamaan bagi orang-orang yang memberi makan saat berbuka puasa, antaranya adalah:

1. Yang Memberi Makan dapat Pahala
Keutamaan memberi makan orang yang berpuasa adalah mendapatkan pahala seperti orang yang sedang berpuasa. Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang artinya:

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, berkata Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

2. Jalan Menuju Surga, Keutamaan memberi makan orang yang berbuka puasa lainnya adalah mendapatkan ganjaran sebagai jalan menuju surga. Seperti yang disebutkan dalam hadis yang artinya:

Dari Ali ra berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.”Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

3. Mengantarkan Menuju Ridho Allah SWT
Jika dibarengi dengan ibadah lain seperti sholat dan bersedekah, memberi makan orang yang berbuka puasa akan menjadi pengantar seseorang menuju ridho Allah SWT.

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan, “Puasa, sholat dan sedekah mengantarkan orang yang mengamalkannya pada Allah. Sebagian salaf sampai berkata, sholat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 298).

4. Menambah Keberkahan Harta, memberi makan orang yang saat berbuka puasa adalah termasuk dalam bentuk bersedekah. Dimana dengan bersedekah tidak akan mengurangi harta si pemberi. Justru pintu rezeki akan terbuka melalui sedekah.

Sebagaimana terdapat dalam hadis yang artinya:
“Sedekah tidaklah mengurangi harta,” (HR. Muslim)

Walaupun secara fisik berkurang, namun harta yang disedekahkan akan menjadi berkah. Sehingga kekurangannya tersebut tertutupi oleh keberkahannya.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button