Ramadhan

Ramadan akan Berlangsung Dua Kali Setahun pada 2030

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ramadan adalah bulan yang istimewa untuk umat Islam di seluruh dunia. Ramadan juga merupakan bulan yang senantiasa dinantikan kehadirannya.

Pada 2030 nanti akan terasa istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Sebab, bulan penuh berkah yang selalu dirindukan, yaitu Ramadan akan berlangsung dua kali dalam setahun.

Seperti halnya kalender Masehi, kalender Hijriah juga memiliki 12 bulan yang terdiri dari Muharam, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Syaban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijah.

Meskipun sama memiliki 12 bulan dalam setahunnya, kalender Masehi sudah pakem dengan 365 harinya, sedangkan kalender Hijriah hanya memiliki 355 hari. Artinya, ada selisih 10 hari atau 11 hari dibanding tahun kabisat dalam setahun.

Perbedaan itu yang menyebabkan bulan puasa selalu maju di awal bulan dari tahun ke tahunnya. Bila itu terus berlangsung maka Ramadan akan hadir dua kali dalam setahun.

Dilansir dari Mashable.com, Rabu (12/5/2021), Ramadan akan berlangsung dua kali dalam setahun pada 2030. Itu terjadi karena Ramadan pertama jatuh di awal tahun dan yang kedua di akhir tahun Masehi.

Berdasarkan penanggalan kalender Hijriah 1451-1452, Ramadan pertama hadir pada 5 Januari 2030, dan Ramadan yang kedua datang pada 26 Desember 2030.

Rupanya tidak hanya Ramadan saja, Idulfitri juga akan hadir dua kali dalam setahun. Hanya saja kejadian ini tidak di tahun 2030, melainkan tiga tahun berikutnya yaitu pada 2033.

Peristiwa Ramadan terjadi dua kali dalam setahun ini bukan yang pertama. Pada 2000 silam, peristiwa serupa sudah berlangsung, di mana Ramadan juga terjadi di awal dan akhir tahun Masehi.

Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, terutama dalam menjalankan ibadah puasa, dan sama-sama berdoa agar bisa dipertemukan dengan Ramadan berikutnya. (bds*)

 

Reporter: Faisal
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button