iklan
Politik

Buka Penjaringan Bacaleg, Demokrat Sultra Target Satu Kursi per Dapil

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka penjaringan bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Demokrat Sultra Rahmat Karno mengatakan, pihaknya sudah membuka penjaringan sejak 9 September 2022, setelah dibuka secara nasional pada rapimnas beberapa waktu lalu.

Namun sebelum itu, DPD Demokrat Sultra yang menerima petunjuk teknis (Juknis) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terlebih dahulu melakukan sosialisasi mengenai penjaringan, pelatihan dan kampanye caleg serta penyerahan formulir pendaftaran caleg di Dewan Pengurus Cabang (DPC) Demokrat se-Sultra.

“Rencana sampai November 2022 nanti, sudah harus rampung,” kata dia kepada Detiksultra.com, Senin (26/9/2022).

Dalam penjaringan Bacaleg ini, lanjut Rahmat Karno, Demokrat membuka penjaringan secara terbuka untuk umum, jadi bukan hanya kader dan pengurus saja melainkan mereka yang berstatus nonkader.

Meski begitu, Demokrat tetap disiplin dalam hal penjaringan. Menurut dia, mereka yang ingin mendaftarkan diri sebagai caleg, pertama harus dikenal di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Kemudian, baik pengurus dan kader serta nonkader harus taat dan tunduk pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ART) serta yang paling penting dapat mewakili semua kalangan.

Untuk target, mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia ini menerangkan, Demokrat menargetkan minimal satu kursi per dapil untuk DPRD Sultra, guna menambah perolehan kursi yang dicapai pada Pileg 2019 yang mana Demokrat hanya mendapat lima kursi.

Sama halnya untuk di 17 kabupaten/kota, pihaknya juga targetkan satu kursi setiap Dapil. Khusus DPR Republik Indonesia (RI), Demokrat Sultra membidik dua kursi, yang sebelumnya hanya satu kursi.

“Prinsipnya menang Pilpres dan menang Pemilu khususnya kami di Sultra berusaha untuk mengembalikan kejayaan Partai Demokrat mendapat dua kursi di DPR RI dan menambah kursi DPRD provinsi. Jika semua terget kami tercapai, tentunya kami akan mempertahankan pencapaian itu,” tukasnya. (bds)

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button