Metro Kendari

Tingkatkan Ekonomi Daerah, Pemkot Kendari Jalin Kerja Sama dengan Pemda Konsel dan Konut

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dan Kabupaten Konawe Utara (Konut) menandatangani kesepakatan Kerja Sama Daerah dengan Daerah Lain (KSDD) di berbagai bidang prioritas dalam rangka percepatan pengembangan ekonomi lokal di tiga daerah tersebut, Kamis (21/10/2021).

Sektor-sektor yang dikerjasamakan meliputi pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, perhubungan, pariwisata, komunikasi, dan informasi.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra mengatakan, menyambut baik kerja sama antar daerah sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai ekonomi dari komoditas atau sektor unggulan masing-masing daerah.

Selain itu, kerja sama ini juga merupakan upaya transformasi ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah dengan memanfaatkan sumber-sumber daya lokal secara sinergis dan meningkatkan kerja sama daerah antarpelaku dalam pengelolaan sumber-sumber daya ekonomi daerah.

Kesepakatan bersama KSDD antara Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe Selatan meliputi bidang pertanian, peternakan dan pariwisata. Pada bidang pertanian, kerja sama yang dilakukan adalah perdagangan sayur-mayur. Pada bidang peternakan mencakup perdagangan sapi potong untuk kebutuhan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Kendari dan penyediaan pakan unggas untuk peternak unggas di Kabupaten Konsel.

Sedangkan pada bidang pariwisata yang dikerjasamakan berupa peningkatan sumber daya nanusia dan promosi pariwisata.

Sementara itu, kesepakatan bersama KSDD antara Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe Utara meliputi bidang pariwisata di Pulau Labengki. Melalui KSDD ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

Ditandatanganinya kesepakatan bersama tiga daerah di Sultra ini merupakan hasil fasilitasi proyek NSLIC/NSELRED dan Kementerian Dalam Negeri. Diharapkan kerja sama ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang signifikan bagi perekonomian daerah.

Direktur Proyek NSLIC/NSELRED, Cavelle Dove berharap bahwa kerja sama yang dilakukan oleh tiga daerah ini dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Tenggara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. (bds*)

Reporter : M/ IS
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button