Metro Kendari

Loka Lansia Minaula Kendari Berikan ATENSI kepada Korban Bencana Banjir di Maluku

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Loka Lansia Minaula Kendari kembali menurunkan tim guna memberikan pelayanan asistensi rehabilitasi sosial (ATENSI) terhadap lansia yang menjadi korban banjir.

Kepala Loka Lansia Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan, pelayanan ATENSI ini ditujukan kepada korban di Desa Boano Utara, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

Setidaknya, Syamsuddin bilang, dalam tragedi bencana alam beberapa bulan lalu, lansia yang menjadi korban banjir ada 25 orang.

Dalam melaksanakan kegiatan ATENSI, Loka Lansia Minaula Kendari bersinergi bersama Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) Rumah Lansia, pendamping rehabilitasi sosial lanjut usia Provinsi Maluku, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan pekerja sosial masyarakat (PSM).

Syamsuddin menjelaskan bahwa sebagaimana arahan dari Menteri Sosial (Mensos) dan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos harus hadir di setiap peristiwa kedaruratan dan kebencanaan.

“Oleh karena itu Loka Lansia Minaula Kendari senantiasa menjaga komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama lansia melalui ATENSI,” ujar dia dalam rilis yang diterima Detiksultra.com, Minggu (20/6/2021).

Pelayanan ATENSI ini berupa pemberian bantuan paket sembako, alat kebersihan diri, dan vitamin.

Selain pemberian bantuan sembako, Loka Lansia Minaula Kendari juga memberikan layanan dukungan psikososial dan trauma healing serta penyuluhan kesehatan untuk mengantisipasi munculnya permasalahan kesehatan yang timbul pascabencana banjir.

Sementara itu, Sekretaris Desa Boano Utara, Iswan Nurlette mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan oleh Kemensos RI melalui Loka Lansia Minaula Kendari kepada lansia yang ada di wilayahnya.

“Kami atas nama pemerintah desa sangat terbantu dengan adanya pelayanan ATENSI dari Loka Lansia Minaula Kendari. Dengan kehadiran mereka, para lansia di sini dapat diberikan pelayanan terbaik,” tutur dia.

Di tempat yang sama, Ratmin Tombalisa, salah satu lansia terdampak banjir, mengatakan hal yang serupa perihal kehadiran Loka Lansia Minaula Kendari di desa mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemensos telah datang membawa bantuan kepada kami masyarakat Desa Boano Utara, saya ucapkan terima kasih,” tandasnya.

Sebagai informasi, Loka Lansia Minaula Kendari merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Rehabilitasi Sosial dibawah naungan Kemensos.

Wilayah kerja Loka Lansia Minaula Kendari meliputi delapan provinsi yakni Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulteng, Maluku, Maluku Utara (Malut), Gorontalo, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Barat. (bds*)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button