Metro KendariPolitik

Hugua: Coklit Bukti Dari Kemajuan Indonesia Dalam Berdemokrasi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Meskipun berstatus sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sultra, Hugua adalah juga warga RT 12 RW 05 Kelurahan Lahundape Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari yang tetdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Kendari. Karena itulah, Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) Sabtu pagi (20/1/3018) mendatangi kediamannya untuk Pencocokan dan Penelitian (Coklit) DPT.
Setiba di kediaman Hugua, awalnya petugas yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kendari Barat, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Lahundape dan Panwascam Kendari Barat kesulitan untuk bertemu Hugua. Menurut ajudannya, mantan Bupati Wakatobi itu sedang beristirahat karena baru tiba dari Jakarta. Namun setelah beberapa kali bernegosiasi lewat ajudannya, akhirnya Hugua bersedia menemui petugas untuk dilakukan coklit DPT.
Kepada wartawan yang menyertai petugas coklit, Hugua mengaku sangat senang dengan program KPU ini sebagai upaya untuk mensukseskan pesta demokrasi yang akan dihelat 27 Juni mendatang.
“Saya kira pemutakhiran data ini semakin meyakinkan kami selaku Balon Wagub Sultra bahwa DPT nanti benar-benar valid datanya,” ujarnya.
Diapun mengatakan bahwa republik ini sudah lebih maju dibandingkan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.
Dia juga memaparkan bahwa kegiatan pemutakhiran data yang berbasis RT ini yang dilakukan door to door dimana setiap warga diambil datanya kemudian ditanda-tandangani oleh kepala keluarga. Dan kemudian menempelkan stiker di depan rumah sebagai bukti rumah tersebut sudah dicoklit.
“Saya kira hal ini sudah sangat akurat. Saya bangga menjadi bagian dari negara Republik Indonesia, bahwasanya pemilih yang ada dalam DPT, bisa dipastikan akan ikut serta mensukseskan kegiatan besar ini,” tutupnya.
Reporter: Sunarto
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button