Ekobis

Tukar Uang Tak Layak Edar di BI Sultra, ini Lokasi dan Jadwal Penukaran di Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan uang tunai senilai Rp2 triliun selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H.

Deputi Kepala KPw BI Sultra, Aryo Wibowo T. Prasetyo, mengatakan nantinya uang tersebut diperuntukan untuk masyarakat yang ingin menukar uang tunai pecahan kecil dan uang tak layak edar.

BI Sultra, lanjut dia, menyediakan uang tunai sebanyak itu, karena melihat kebutuhan masyarakat diprediksi meningkat di bulan Ramadan dan Idulfitri tahun ini, daripada dua tahun sebelumnya.

Sebab, melihat aktivitas masyarakat yang sudah mulai kembali normal dari pandemi Covid-19. Mulai dari penurunan kasus Covid-19 serta angka kematian yang juga menurun.

“Secara historis kebutuhan uang tunai tahun 2021 itu sebesar Rp1,3 trilun untuk di Sultra. Makanya tahun ini kita sediakan uang guna dipasok ke masyarakat lebih tinggi dari tahun lalu,” ujar dia dalam giat BBM Indahnya Ramadan, Kamis (7/4/2022).

Untuk pelayanan penukarannya, Aryo menjelaskan bahwa bisa dilakukan di 96 jaringan perbankkan termasuk Bank Sultra di loket masing-masing kantor cabang.

Sementara BI sendiri menyediakan layanan penukaran uang pecahan kecil dan uang tak layak edar, dengan skema kas keliling dengan lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan baik di Kota Kendari maupun di kabupaten/kota lainnya di Sultra.

Berikut lokasi dan jadwal penukaran uang pecahan kecil dan uang tak layak edar di Kota Kendari:

1. Kawasan Mall Pasar Kota Lama di Jalan Katambak Dapu-Dapura, Senin 11 April 2022
2. Kawasan Pasar Andoonohu, Jalan Bonggasai 18 April 2022
3. MGM Swalayan, Jalan Poros Bandara Halu Oleo 25 April 2022.

Untuk di luar Kota Kendari:

1. Kabupaten Wakatobi, 6-8 April 2022
2. Kabupaten Muna, 12-14 April 2022
3. Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), 19-20 April 2022
4. Kabupaten Bombana, 26-28 April 2022

 

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

One Comment

  1. Ass…. maaf sebelumnya mau tanya… apakah bisa dilayani penukaran uang di kantor Bank indonesia. mengingat kami domisili di luar kota kendari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button