Ekobis

2022, BI Sultra Target Pembayaran Digital Tembus 85.000 Pengguna

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar bincang-bincang bersama media (BBM), bertempat di Gedung baru BI, Jumat (24/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Plt KPw BI Sultra, Doni Septadijaya menjadi narasumber dalam acara BBM yang tiap bulan digelar, guna mengupdate perkembangan ekonomi terkini di Sultra.

Salah satu apdeting data yang dipaparkan soal perkembangan sistem pembayaran melalui tim program percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD).

Menurut Doni Saptadijaya bahwa di tahun 2022, pihaknya sudah berkomitmen akan terus mendorong perkembangan ekosistem keuangan digital di Sultra.

Hal tersebut dibarengi dengan beberapa strategi, diantaranya perluasan pengguna user Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Lalu perluasan digitalisasi pasar, digitalisasi transaksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui TP2DD.

“Dimana TP2DD sendiri telah terbentuk di 17 kabupaten/kota,” kata dia.

Outputnya, melakukan pendampingan elektronifikasi PAD dalam rangka mewujudkan Pemerintah Daerah (Pemda) digital.

Kemudian mengembangkan target QRIS menjadi 85.000 pengguna baru QRIS serta meningkatkan user experience penggunaan QRIS.

“Terakhir melakukan pendampingan UMKM dalam memanfaatkan transaksi digital,” jelas Doni.

Untuk pengguna sisitem pembayaran QRIS di Sultra tercatat kurang lebih 67.773 merchant dari target 12 juta target nasional.

 

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button