Sultra Raya

UKKI UHO Gelar MTQ, Diikuti 80 Peserta dari Perguruan Tinggi se-Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Unit Kegiatan Kerohanian Agama Islam (UKKI) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat mahasiswa regional Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan tersebut diikuti 80 peserta dari perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta se-Sultra. Kegiatan berlangsung di Masjid La Ode Malim UHO, Rabu (3/11/2021).

Ketua Umum UKM UKKI UHO Taufik Hidayat mengatakan, kegiatan serupa baru kali pertama digagas untuk tingkat provinsi, dan ini merupakan program kerja dari UKKI itu sendiri dalam membangun basis keislaman para mahasiswa UHO.

“Tujuan sebenarnya adalah untuk mensyiarkan syiar Islam melalui kegiatan ini, serta ini menjadi ujung tombak dari ketekunan kita dalam memantapkan diri dalam beribadah kepada sang pencipta” papar Taufik saat dihubungi via WhatsApp.

Mahasiswa MIPA UHO ini juga mengungkapkan kegiatan perdana ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin tahunan.

“Lebih memperbaiki pelaksanaannya dan perlu persipan yang lebih matang lagi, kemudian untuk MTQ-nya sendiri agar lebih banyak lomba yang dipertandingkan,” ungkapnya.

Taufik Hidayat menerangkan MTQ sendiri ada empat jenis yang diperlombakan, yakni terdiri dari Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran 5 Juz, dan Musabaqah Syarhil Quran.

“Untuk ini turut diikuti kurang lebih 12 perguruan tinggi dari Sultra, ada dari Universitas Muhammadiyah, Universitas Sembilan Belas November Kolaka hingga Universitas Terbuka,” terangnya.

Sebelumnya rangkaian kegiatan itu telah berlangsung denga Seminar Kebangsaan yang menghadirkan dosen dari Al Azhar Makassar, dan Great Muslimah Gathering.

Taufik berharap kegiatan tersebut dapat diteruskan oleh anggota UKKI UHO penerusnya. (bds*)

 

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button