iklan


iklan
Muna

Ancaman Meningkat, UPB Gelar Rapat Komite Keamanan dan Penanggulangan Keadaan Darurat

PLAY

MUNA, DETIKSULTRA.COM – Komandan Distrik Militer (Kodim) 1416/Muna, Letnan Kolonel Infanteri Gilles Royce Barnabi Hogendorp, menghadiri rapat komite keamanan dan penanggulangan keadaan darurat yang digelar oleh Unit Penyelanggara Bandara Sugi Manuru Di kota Raha Kabupaten Muna, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala Unit Penyelenggara Bandara (KUPB) Sugi Manuru, Kabupaten Muna Barat, Muhammad Khusnudin, Direktur Rumah sakit Umum Muna Barat, Syahrir Fitrah, kepala OPD dan Kapolsek.

Dalam kesempatan itu, G.R.B Hogendorp mengatakan, ancaman dalam penerbangan saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat, dengan berbagai trend ancaman yang sangat beragam.

“Pembajakan, peledakan pesawat, sabotase, penyeludupan dan lainnya harus diantisipasi,” ujarnya.

Untuk itu, melalui kegiatan ini, diharapkan unsur-unsur Komite Keamanan Bandar Udara, yang terdiri atas TNI/Polri, pemerintah, karantina kesehatan, badan usaha angkutan udara dan pemangku kepentingan lainnya dapat merumuskan, meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam rangka menjaga dan menjamin keamanan penerbangan.

“Tujuan dibentuknya Komite Keamanan Bandar Udara adalah untuk memberikan informasi dan saran dalam melaksanakan, mempertahankan dan mengembangkan program keamanan bandar udara sesuai dengan program keamanan penerbangan nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor KUPB Sugi Manuru, Muhammad Khusnudin mengungkapkan, mengantisipasi keamanan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia penerbangan. Untuk itu, penanganan bandara serta penanggulangan darurat ancaman penerbangan agar semakin ditingkatkan.

“Pembentukan keamanan bandara saya harap bisa teratur dan memberikan perlindungan kepada penumpang dan petugas sesuai perlindungan hukum,” harapnya. (cds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button