Konawe Selatan

Pokdarwis Ujung Tombak Pengembangan Wisata di Konsel

PLAY

KONAWE SELATAN, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) tengah serius memajukan destinasi wisata guna menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor kepariwisataan.

Buktinya, Pemda Konsel tengah gencar-gencarnya mengembangkan potensi wisata alam, seperti wisata embung dan puncak.

Untuk memaksimalkan potensi wisata di Konsel, pemda turut memanfatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Konsel, Adywarsyah Toar, Pokdarwis merupakan bagian tak terpisahkan dari pengembangan destinasi wisata yang tengah digenjot Pemda Konsel.

Bahkan, Adywarsyah Toar menyebutkan Pokdarwis ini sebagai ujung tombak Dispar Konsel, di wilayah-wilayah yang memiliki potensi wisata.

“Pokdarwis sebagai ujung tombak dinas dalam mengembangkan potensi wisata di wilayah masing-masing,” ujar dia, Rabu (12/5/2021).

Karena sebagai organisasi pengelola destinasi wisata, lanjut dia, Pokdarwis memiliki tugas dan peran penting dalam pengembangan wisata.

Peran dan tugasnya, menyosialisasikan manfaat setiap destinasi wisata yang berada di wilayah jangkauan Pokdarwis, dengan tujuan peningkatkan ekonomi masyarakat.

Lalu, sebagai penggerak sadar wisata dan Sapta Pesona di lingkungan wilayah di setiap destinasi wisata.

“Pokdarwis adalah mitra pemda, olehnya itu kita akan optimalkan untuk pengembangan sadar wisata di Konsel,” tukasnya. (bds*)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button