Kolaka

IKA SMAN 1 Wundulako Sosialisasi Hidup Sehat Tanpa Narkoba dan HIV/Aids

PLAY

KOLAKA, DETIKSULTRA.COM – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN 1 Wundulako mengadakan program tahunan yaitu sosialisasi penyuluhan narkoba dan HIV/Aids, Kamis (14/2/2019).

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber yang berkompoten, yaitu Kepala BNN Kolaka, Kapolsek Wundulako, Camat Wundulako, Kepala Rumah Sakit Antam, Babinsa Koramil Wundulako dan Kepala Sekolah SMP/SMA 1 Wundulako.

Camat Wundulako, Abdul Rasyid Puteh mengatakan, narkoba merupakan musuh nasional yang harus diperangi.

“Wundulako merupakan basis transaksi narkoba, karena kita diapit oleh dua kota, Kolaka dan Bombana. Hal ini terbukti dengan telah ditemukannya indikasi anak SMP menggunakan narkoba,” ungkap Abdul Rasyid Puteh.

[artikel number=3 tag=”sman1,hiv,” ]

Sementara itu, Ketua IKA SMAN 1 Wundulako, Andi Rifai, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bukti kepedulian terhadap kaum milenial selaku next leader dan penerus bangsa. Dalam rangka pencegahan penyalagunaan barang haram, Andi Rifai mengajak kaum pemuda memerangi narkoba.

“Mari kita perangi narkoba. Hidup sehat tanpa narkoba, katakan tidak pada narkoba,” tegasnya.

“Tujuan kegiatan ini untuk memperkuat pemahaman dan mental para pemuda dalam menghadapi globalisasi terutama masalah narkoba dan HIV/Aids,” tambahnya.

Kepala BNN Kolaka, Tri Setia, pada kesempatan itu memberi pengetahuan tentang jenis dan dampak mengkonsumsi narkoba bagi kesehatan. Selain itu, pelajar dibekali tata cara pencegahan akan bahaya narkoba.

“Dari Data BPJS, pengguna narkoba di Indonesia tahun 2018 berjumlah 15.14 juta dan didominasi oleh generasi muda. 25 persen di antaranya adalah perempuan, selebihnya kaum laki-laki,” lanjutnya.

Narkoba berbahaya karena mengandung berbagai zat stimulan, halusinogen dan adaktif. Dampak buruk mengkonsumsi secara berlebihan dapat merusak otak dan jantung yang menyebabkan penurunan kesadaran, menimbulkan halusinasi yang berlebihan, dan dapat menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya.

Sekitar 200 siswa yang mengikuti kegiatan ini tampak sangat antusias.

Reporter : M14
Editor : Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button