Buton

Jelang Tahun Baru, Forkopimda Rakor Terbatas

PLAY

BUTON, DETIKSULTRA.COM – Menjelang Tahun Baru 2022, Pemkab Buton menggelar Rapat Koordinasi Terbatas dengan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Buton, Senin siang (27/12/2021).

Rapat ini dipimpin langsung Bupati Buton, Drs. La Bakry MSi, dan turut dihadiri oleh para petinggi di Kabupaten Buton.

Selain membahas persiapan pengamanan tahun baru 2022, anggota Forkopimda juga membahas isu-isu penting di daerah, termasuk mengantisipasi terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat, seperti sengketa pilkades, rencana kunjungan Kapolda, dan isu strategis lainnya.

Bupati menuturkan menjelang tahun baru perlu dilakukan langkah-langkah antisipatif dalam mencegah terjadinya konflik dan munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

“Ini masih suasana pandemi, tetap kita tidak laksanakan, biasa saja. Seperti tahun lalu, sangat-sangat terbatas. Karena ini masih suasana pandemi. Kita berharap masyarakat tidak membuat kerumunan. Masyarakat juga dibatasi. Tidak membuat kerumunan-kerumunan yang bisa berdampak pada klaster-klaster baru,” pungkasnya.

Dikatakannya, meski demikian warga diperbolehkan untuk berwisata di tempat-tempat wisata dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker, rajin mencuci tangan yang bersih, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Hal ini guna mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

“Berwisata bisa tapi ikuti protokol kesehatan (prokes), pakai masker, di kasi ruang,” tandas Ketua Bapera Sultra ini.

Lebih lanjut, Bupati berharap daerah kita senantiasa aman, kondusif dan semoga varian baru Covid-19 tidak masuk ke daerah Buton.

“Alhamdulilah atas kerja sama seluruh pihak, capaian vaksinasi Covid-19 di Buton terus meningkat. Semoga varian baru Covid-19 tidak masuk ke daerah kita. Terpenting masyarakat diharapkan terus menyukseskan kegiatan vaksinasi. Target kita hingga 31 Desember 2021 persentase vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen,” jelas orang nomor satu di Buton.

Di tempat yang sama, Kapolres Buton, AKBP Gunarko, S.IK., M.Si mengungkapkan perayaan tahun baru di Buton diperkirakan tidak akan banyak keramaian, namun perlu tetap diantisipasi. Penggunaan petasan diperbolehkan, namun tetap diawasi agar tidak berlebihan. Menurut Kapolres, konflik yang perlu diantisipasi bersamaan dengan perayaan tahun baru yaitu dampak dari pilkades yang menyebabkan gugatan.

“Kita di Buton untuk tahun baru saya pikir tidak akan banyak keramaian, namun perlu diantisipasi, petasan boleh tapi perlu diawasi untuk tidak berlebihan”, ujar orang nomor satu di Polres Buton.

Sampai tanggal 31 Desember 2021, lanjut Kapolres, semoga bisa dimaksimalkan persentase vaksinasi. Setidaknya kita sudah berbuat dengan kerja sama seluruh pihak dan vaksinasi hari kamis akan hadir Kapolda di Kabupaten Buton dan paling utama akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal.

 

Reporter: Lhia
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button