Buton

Hadiri Pesta Panen di Desa Wambulu, La Bakry: Manfaatkan Potensi Pertanian

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Bupati Buton, Drs. La Bakry, menghadiri Pesta Adat Bongkana Kopo yang terletak di Desa Wambulu, Kecamatan Kapontori.

Setibanya di Desa Wambulu, Bupati Buton disambut Tarian Mangaru serta menyaksikan hasil panen masyarakat yang dipajang di pelataran tempat pesta adat

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Buton, saya menyampaikan selamat atas terselenggaranya pesta panen tahun ini sekaligus syukuran 13 tahun mekarnya Desa Wambulu,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga menegaskan pada perangkat Desa Wambulu untuk memanfaatkan program-program yang ada di desa untuk dimanfaatkan bagi kemakmuran masyarakat desa. Apalagi Desa Wambulu kaya akan potensi pertanian.

“Desa Wambulu ini dapat jadi daerah penyulai pangan di Kabupaten Buton karena saya melihat tadi hasil panennya berupa Ubi, yang luar biasa. Insya Allah kita tak akan kekurangan pangan,” katanya.

Selain itu, orang nomor satu di Buton juga berencana membangun baruga di Desa Wambulu.

“Tahun 2020 ini, Kelurahan Watumotobe yang mendapat Baruga. Insya Allah tahun depan Desa Wambulu juga mendapat Baruga. Kalau roposal dan lahan tidak jadi masalah,” bebernya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati menegaskan agar semua masyarakat utamanya desa Wambulu dalam menjalankan aktivitas untuk tetap memperhatikan prorokol Kesehatan.

“Buton sekarang masih zona kuning. Sekarang tinggal 1 pasien Covid yang ada di Kabupaten Buton. Itupun kategori OTG, kerjasama semua pihak dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Buton,” katanya.

Ketua DPD Golkar Buton ini, juga menyampaikan yang berada pada zona kuning telah diperbolehkan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah dengan tatap muka, tetapi tetap menerapkan prokers secara ketat.

“Sekolah-sekolah di Kabupaten Buton sekarang telah mengadakan tatap muka, akan tetapi hanya pada lingkungan zona kuning namun dibarengi dengan persetujuan orang tua,” ujarnya.

“Dengan diperbolekannya belajar disekolah namun harus mematuhi protokol kesehatan yakni dengan dianjurkan kepada siswa sebelum masuk ruang kelas dan keluar dari kelas harus cuci tangan pakai sabun yang disediakan, menggunakan masker, menjaga jarak serta menjaga hidup sehat,” tukasnya.

Nampak Bupati Buton Dldidampingi sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton dan Forum Pimpinan Kecamatan Kapontori, Rombongan Bupati Buton setibanya di Desa Wambulu.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button