Bombana

Warga Bombana Tangkap Buaya Berukuran Empat Meter

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Warga Desa Biru, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menangkap seekor buaya berukuran besar, (19/7/2021).

Lokasi penangkapan buaya sepanjang empat meter tepat di saluran irigasi persawahan warga Poleang Timur.

Warga pun sempat panik tak menyangka buaya yang diketahui selama ini hidup di aliran sungai, tiba-tiba masuk di aliran irigasi sawah yang diketahui selalu jadi tempat mandi anak-anak.

Kepala Desa Biru, Sainal Abidin, membenarkan penangkapan buaya tersebut. Dia menduga munculnya buaya di irigasi sawah untuk mencari makan karena kelaparan.

“Warga kami sempat kaget saat muncul buaya empat meter di saluran irigasi sawah, sudah ditangkap itu,” katanya saat dihubungi via seluler, Rabu (21/7/2021) malam.

Buaya berukuran jumbo tersebut kata Sainal, saat ini sudah diamankan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra untuk dievakuasi ke penangkaran.

“Tadi siang buaya sudah dibawa petugas dari BKSDA,” ujarnya.

Adanya penangkapan buaya ini, warga pun diminta waspada saat bekerja di sawah, terutama dekat saluran irigasi dan area bantaran sungai dan kali desa itu, karena diketahui masih banyak buaya sering bermunculan.

Jika tidak waspada, bisa berdampak adanya korban jiwa yang dimangsa hewan jenis reptil tersebut.

“Kami harap warga lebih waspada saat bekerja, utamanya di sawah karena buaya sering muncul di area sungai dan kali, dan statusnya mereka dilindungi,” tukasnya.

 

Reporter: Sesra
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button