kesbangpol sultra sulawesi tenggara   kesbangpol sultra sulawesi tenggara
Baubau

Nataru 2022, Jumlah Penumpang Naik dan Turun di Baubau Melonjak Dibanding 2021

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Posko Nataru Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau mencatat, jumlah penumpang naik dan turun pada waktu Nataru 2022 mengalami peningkatan yang signifikan dibanding Nataru 2021.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan (Kasi Lala) KSOP Baubau, Herwan Rasyid, mengungkapkan, pihaknya telah membuat posko gabungan untuk Nataru 2022. Dibuka sejak 18 Desember dan ditutup hingga 8 Januari 2023.

Pihaknya menghitung, sampai 1 Januari 2023 jumlah penumpang naik telah mencapai angka 13.248. Angka ini lebih banyak dibanding tahun 2021 dengan 8.926 penumpang naik. Jumlah penumpang turun sekitar 14.220 orang. Jumlah ini juga lebih banyak dibanding 2021 dengan 8.717 penumpang.

“Jadi untuk Nataru 2022, kami menghitung adanya peningkatan 48 persen untuk penumpang naik dan 63,13 persen untuk penumpang turun,” ungkap Rasyid di kantornya.

Lebih dari itu, kata dia, jumlah ini bisa bertambah lagi. Sebab, data ini akan bertambah hingga posko Nataru ditutup pada 8 Januari 2023 mendatang.

Kata dia, peningkatan jumlah penumpang ini dimungkinkan terjadi karena pembatasan perjalan telah dicabut. Sehingga, tanpa melanggar protokol kesehatan, masyarakat bisa berpergian dengan menggunakan transportasi kapal.

Selain itu, meningkatnya harga tiket pesawat untuk bepergian menjadi salah satu alasan. Juga, Kota Baubau adalah kota transit. Sehingga peningkatan jumlah naik-turun di Pelabuhan Baubau sangat dimungkinkan untuk penumpang yang mau ke wilayah barat dan timur. (bds)

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button