Baubau

Kajati Sultra Imbau BPBD se-Sultra Waspada Bencana Nonalam

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara, Raimel Jesaja mengimbau BPBD se-Sultra untuk tidak hanya sekadar mengatasi bencana alam, namun juga bencana non-alam.

“Bencana itu ada tiga kategori. Pertama, bencana pribadi. Kedua, bencana alam. Ketiga, bencana non-alam,” ungkap Kajati Sultra, Raimel kala mengisi rapat koordinasi penataan sistem dasar penanggulangan bencana di Vila Nirwana, Senin (28/3/2022).

Bencana pribadi, kata dia, seperti musibah dan kecelakaan atas kesalahan pribadi. Bencana alam seperti gempa dan tsunami. Bencana non-alam seperti kesalahan dalam administrasi pengeluaran anggaran bencana.

“Kita jangan hanya sigap pada bencana alam, namun juga pada bencana non-alam. Sebab, pengaturan administrasi pengeluaran anggaran bencana yang keliru dapat memicu “bencana” (non-alam),” ungkapnya.

Meskipun, kata dia, anggarannya digunakan untuk penanggulangan bencana sesuai bencana yang terjadi di lapangan. Namun, kesalahan administrasi dapat berdampak pada potensi adanya tindakan korupsi.

“Untuk atasi bencana non-alam, intinya hanya satu. Lengkapi administrasi pengeluaran bencana alam. Kita sigap pada bencana alam dan juga bencana nonalam,” tutupnya.

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button