Baubau

Jokowi Bakal Kenakan Pakaian Adat Dolomani, Monianse: Peradaban Buton akan Dikenal

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Baubau mengirim pakaian adat Kesultanan Buton, Dolomani ke Istana Negara. Pakaian ini rencananya akan dikenakan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengaku bangga atas capaian ini. Sebab, baju kebesaran Kesultanan Buton akan dikenakan oleh orang nomor satu di Indonesia.

“Namun kami belum bisa pastikan apakah baju kita akan terpilih. Sejauh ini, masih menjadi nominasi untuk dikenakan Presiden,” beber Monianse pada detiksultra.com, Selasa (16/8/2022).

Kata Monianse, selain untuk Presiden, pihaknya juga telah mengirim pakaian adat berupa jubah untuk Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang akan dikenakan saat upacara HUT RI.

Monianse menambahkan, ini kali pertama pakaian Kesultanan Buton dikirim ke Istana Negara. Beberapa tahun lalu, pakaian adat Buton berupa jubah dipakai oleh Menteri Agama kala mengikuti upacara kemerdekaan 17 Agustus.

“Sebagai warga Baubau dan warga Buton, kita sangat bersyukur atas kesempatan ini. Pemilihan pakaian adat kami sebagai nominasi pakaian presiden adalah penghargaan. Ketika pakaian ini digunakan, Buton juga akan dikenal memiliki peradaban yang agung,” tutupnya.

Pakaian Dolomani sendiri dikenal dengan dua warna, merah dan hitam. Dolomani biasanya dikenakan kala mengikuti acara resmi di zaman Kesultanan Buton. (bds)

 

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button