BaubauHukum

Dinsos Pastikan Anak yang Dihamili Ayah di Baubau Ditanggung BPJS

PLAY

BAUBAU, DETIKSULTRA.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau melakukan pendampingan pada peserta didik yang menjadi korban kekerasan seksual oleh ayah kandungnya sendiri. Akibat aksi bejat sang ayah, kini korban diketahui tengah hamil bulan kedelapan.

Kepala Dinas Sosial Kota Baubau melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Makmun S.Pd menjelaskan, Dinsos Baubau bersama Balai Rehabilitasi Kendari, perpanjangan Kementerian Sosial telah melakukan pemeriksaan kondisi korban pada Rabu lalu (9/3/2022).

“Kita telah melakukan intervensi. Kita pastikan BPJS anak ini aktif. Kita pastikan ketika digunakan pada unit kesehatan yang dituju, BPJS-nya diterima. Kita sudah mempersiapkan kebutuhan persalinan dan perlengkapan bayi,” beber Makmun pada Detiksultra.com, Selasa (15/3/2022).

Bahkan, kata Ia, obat-obatan ataupun kebutuhan lainnya di luar BPJS akan diberikan oleh Dinas Sosial Kota Baubau.

“Alhamdulillah kondisi mental anaknya bagus. Dia (korban) kini kelas XII SMA, namun sampai saat ini dia masih masuk sekolah. Dia memiliki niat yang kuat untuk menyelesaikan sekolahnya dengan mengikuti ujian nasional mendatang,” ungkap Makmun.

Dinas Sosial Kota Baubau, kata Ia, berperan untuk terus mendampingi korban hingga proses masa kelahiran korban. Untuk di Sekolah, Dinsos Baubau mediasi sekolahnya agar dipastikan tetap mengikuti ujian nasional. Jika waktu kelahiran dan waktu ujian nasional bertepatan, maka sang anak bisa ikut ujian dari rumah.

“Kita akan terus lakukan pendampingan hingga proses korban melahirkan nanti,” tutupnya.

 

Reporter: Surahman Djunuhi
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button