Muna Barat

Rayakan Hari Perhubungan ke-54, UPBU Sugimanuru Beri Edukasi Masyarakat Terkait Keamanan Penerbangan

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional ke-54, UPBU Sugimanuru mengedukasi masyarakat tentang keamanan penerbangan, pada Minggu (15/09/2024). Kepala UPBU Sugimanuru, Mohammad Khusnudin mengatakan, dengan digelarnya kuis tersebut untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait seputar keamanan penerbangan.

Hal tersebut diatur dalam SKEP 2765/XII/2010 tentang tata cara pemeriksaan penumpang, personel pesawat udara dan barang bawaan yang diangkut dengan pesawat udara dan perseorangan. Dalam keamanan penerbangan ada beberapa barang yang harus dikeluarkan yaitu mantel jaket, topi, ikat pinggang, ponsel jam tangan, kunci, dan barang-barang yang mengandung unsur logam diperiksa melalui x-ray. Laptop dan barang elektronik lainnya dikeluarkan dari tas/bagasi dan diperiksa melalui Xxray. Kemudian semua cairan aerosol dikeluarkan dan diperiksa melalui x-ray.

Saat penerbangan tidak menerima bagasi titipan dari orang lain karena bisa saja barang titipan itu berpotensi menjadi gangguan keamanan penerbangan dan kasus kriminal lainnya yang akan menggangu perjalanan. Kemudian dilarang membawa senjata api, semua objek sisi tajam, semua benda tumpul yang dapat memukul.

Tak hanya itu, benda atau cairan yang dapat mengandung korosif, oksidasi, radioaktif, beracuin, dan mudah terbakar, semua bahan peledak, dan semua alat kerja yang dapat digunakan untuk mencederai serius juga dilarang bawa ke kabin pesawat. Selanjutnya, jangan bercanda soal bom, serta dilarang melakukan kegiatan berbahaya di kawasan operasi penerbangan.

Kegiatan berbahaya dalam kawasan penerbangan yaitu bermain layang-layang, menerbangkan drone, menerbangkan balon udara. Hal ini juga diatur dalam KM 39 tahun 2024 tentang program keamanan penerbangan nasional.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sembari mengupayakan adanya maskapai beroperasi, maka dilakukan dulu edukasi bagi masyarakat sehingga akan menjadi pengetahuan bagi masyarakat.

“Tentunya untuk penerbangan kita terus berupaya salah satunya saat ini berkoordinasi dengan trans Nusa,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan olahraga, Ali Imran mengungkapkan, Hari Perhubungan merupakan momentum yang sangat penting sebagai wujud dalam membangun perekonomian daerah ke arah yang lebih baik.

Transportasi dalam perhubungan bukan hanya sekadar pilihan namun sudah menjadi kebutuhan masyarakat banyak untuk mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat dan sejahtera.

“Insan perhubungan adalah garda terdepan dan memastikan transportasi berjalan dengan aman dan aman,” terangnya.

Ia berharap Hari Perhubungan ini dapat menjadi titik celah untuk selalu memberikan edukasi dan menghadirkan solusi yang lebih modern.

Untuk diketahui, dalam perayaan tersebut dilakukan terlebih dahulu senam sehat yang memiliki doorprize, pelayanan pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan kuis seputar informasi penerbangan. (bds)

 

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button