Muna Barat

Realisasi APBD Muna Barat Baru Capai 54 Persen

Dengarkan

MUNA BARAT, DETIKSULTRA.COM – Realisasi APBD Muna Barat per September 2024 masih mencapai 54 persen.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna Barat, LM. Taslim, mengatakan bahwa rendahnya serapan anggaran disebabkan oleh belanja modal yang masih sangat rendah serta keterlambatan dalam pelaksanaan proyek-proyek daerah.

Untuk itu, terkait serapan belanja modal yang masih sangat rendah ia mengarahkan untuk koordinasi ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) terkait keterlambatan pelaksanaan kegiatan belanja modal.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah menyarankan beberapa langkah percepatan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera melakukan proses pengadaan barang dan jasa.

“Apabila sudah berkontrak pihak ketiga dalam mengajukan pencairan kegiatannya jangan menunggu nanti 100% tapi dilakukan secara bertahap atau per termin sesuai dengan yang diperjanjikan dalam kontrak,” ujarnya

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Muna Barat, Agung Darma, mengatakan bahwa DPRD akan melakukan pengawasan yang lebih ketat untuk memastikan anggaran dapat terserap secara maksimal.

“Kami akan mendorong Pemda agar meningkatkan daya serap anggarannya. DPRD juga akan mengecek secara detail masalah apa yang menjadi penghambat, sehingga solusi dapat segera diambil,” imbuhnya

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Muna Barat, La Ode Sariba, menyatakan bahwa kondisi ini bukanlah hal baru. Pasalnya tahun-tahun sebelumnya juga terjadi keterlambatan serapan anggaran, salah satunya disebabkan oleh aturan baru yang mengharuskan review kontrak oleh inspektorat.

Sehingga perlambatan serapan anggaran ini berdampak besar pada perputaran ekonomi di Muna Barat, terutama karena daerah ini sangat bergantung pada dana pemerintah.

“Kami di DPRD akan memastikan hal ini tidak terjadi lagi ke depan,” tandasnya

Dengan waktu yang semakin singkat menuju akhir tahun, upaya percepatan serapan anggaran menjadi prioritas untuk memastikan bahwa proyek-proyek pembangunan di Muna Barat dapat berjalan sesuai rencana. (bds)

Reporter: La Ode Darlan
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button