Metro Kendari

Dishub Sultra akan Uji Coba Jembatan Timbang di Pelabuhan Amolengo

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal uji coba jembatan timbang di Pelabuhan Amolengo, Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Jembatan timbang ini merupakan jembatan ketiga yang telah dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebelumnya telah dibangun jembatan timbang di Baubau dan Torobulu.

Kepala Dishub Sultra Muhamad Rajulan mengatakan, untuk jembatan timbang yang berlokasi di Pelabuhan Amolengo akan dilakukan uji coba pada Rabu, 26 Juni 2024 besok.

“Untuk peresmian nanti akan dilihat kapan, intinya uji cobanya besok. Kalau ini sudah bisa maka harus dikalibrasi dulu, dilihat kelayakannya jika sudah bisa maka akan kami gunakan secepatnya,” katanya, Selasa (25/6/2024).

Lanjutnya, jembatan timbang ini merupakan salah satu sarana pendukung pelabuhan untuk mengantisipasi kendaraan bermuatan berlebihan dan juga melihat kapasitas kapal sehingga tidak melampaui bobot yang diizinkan.

“Selain itu juga melalui pembangunan jembatan timbang ini bisa menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) ke depannya,” ujarnya.

Untuk pembangunan jembatan timbang ini dianggarkan sebesar Rp500 juta, namun angka ini masih minim karena butuh fasilitas pendukung. Akan tetapi kalau hanya operasional saja ini sudah bisa dimanfaatkan.

Ke depannya kata Rajulan, pihaknya akan kembali menganggarkan jembatan timbang di beberapa dermaga pelabuhan mengingat ada sebanyak 13 pelabuhan penyeberangan di wilayah Sultra.

“Kami akan menganggarkan lagi di tahun 2025 di beberapa dermaga penyeberangan misalnya di Waara, Labuan, Tampo, Kamaru dan Kendari. Baubau dan Torobulu sudah selesai dan saat ini di Amolengo,” pungkasnya.

Sebagai informasi, jembatan timbang merupakan salah satu alat untuk pengawasan kendaraan angkutan agar tidak membawa muatan berlebihan atau Over Dimension Over Loading (ODOL). (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button