Metro Kendari

Dishub Sultra dan Fakultas Teknik UHO Kerja Sama Peningkatan SDM Insan Perhubungan

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatangan MoU bersama Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) guna meningkatkan SDM insan perhubungan.

Penandatanganan ini tentunya membuka kerja sama di beberapa bidang, bukan hanya bagian kepelabuhanan namun peluang di bidang transportasi darat maupun laut.

Kepala Dishub Sultra Muhamad Rajulan mengatakan, keterlibatan Fakultas Teknik UHO ke depannya akan mendorong kegiatan dalam bidang perhubungan baik melalui penelitian ataupun riset.

“Selain kerja sama yang kami lakukan ini, tentu akan membuka peluang juga bagi kami untuk mengembangkan diri, misalnya saja melanjutkan pendidikan S-1, S-2 maupun S-3,” katanya, Selasa (25/6/2024).

Ia menegaskan kerja sama ini tentunya akan memberikan dorongan peningkatan bagi pihaknya khususnya dalam hal pendidikan maupun pelatihan-pelatihan.

Terlebih katanya, adanya penyerahan tujuh pelabuhan dari Kementerian Perhubungan ke Dishub Sultra, tentunya butuh kesiapan fisik maupun SDM.

“Harapannya dengan keterlibatan kampus akan memberikan banyak hal positif kepada kami. Harapan lainnya kedepannya kerjasama ini akan terus berlanjut dan lebih ditingkatkan melalui sinergi yang kuat,” pungkasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UHO, Edward Ngii mengatakan melalui kerja sama ini kampus bisa mempresentasikan terkait visi misi fakultas teknik khususnya yang dikerjasamakan yaitu peningkatan SDM bidang kepelabuhanan.

“Kami juga sudah siap dari sisi institusi pengelola bidang kepelabuhanan, kurikulum, dosen, mahasiswa dan semua perangkat laboratorium. Sehingga kerjasama ini akan dapat membantu kedua bela pihak,” jelasnya.

Edward mengatakan ada beberapa poin dalam kerjasama ini untuk disinergikan bersama, meliputi penelitian dan riset, pengabdian masyarakat, pendidikan dan pengajaran bagi mahasiswa dan beberapa lainnya.

“Tentu harapannya ada sinergi yang kuat antar kedua bela pihak yang nantinya kerjasama ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya di bidang kepelabuhanan,” pungkasnya. (bds)

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Biyan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button