MunaSosial

Bocah Derita Hidrosefalus di Muna, Butuh Uluran Tangan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sungguh malang nasib Putry, bocah penderita hidrocepalus asal Desa Kontumere, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna.

Bocah dua tahun tersebut, mengalami pembesaran kepala diluar kewajaran, bahkan lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Kondisinya sangat lemah, tak mampu lagi beraktifitas layaknya anak seusianya.

Penyakit hidrosefalus sudah diderita Putry sejak usianya dua bulan. Sejak menderita pembesaran kepala, Putry hanya menghabiskan hari-harinya terbaring lemas tak berdaya.

Ningsi Sarmila (22), ibu bocah penderita penyakit hidrosefalus menceritakan, penyakit yang diderita oleh putrinya selama ini membuatnya hanya bisa pasrah dengan takdir.

Saat dalam kandungan dulu, Ningsih menuturkan sudah mendapat kabar dari dokter bahwa kandungannya punya gejala lain yang membuat sang jabang bayinya lahir dengan kondisi tak normal.

“Pertama muncul penyakit yang diderita sejak usai sekitar dua bulan sampai sekarang sudah masuk umur dua tahun, awalnya saya kira penyakit balakea (penyakit dalam),” katanya.

Selain itu, ia mengungkapkan awal munculnya penyakit yakni di usia dua bulan sudah ada tanda-tanda dibagian kepala yang semakin membesar.

Dengan begitu, ibu bocah ini mengambil langkah untuk menyembuhkan penyakitnya dengan berbagai cara mulai dari pengobatan tradisional (obat kampung).

“Sekitar hampir satu tahun kita obat kampung, namun tidak ada perubahan. Setelah tiga bulan kemarin kami periksa ke rumah sakit Bahteramas ternyata hasilnya hidrosefalus, dan disarankan untuk dibuatkan BPJS untuk dirujuk ke RS Makassar,” ujarnya.

Setelah mendengar saran dokter, ibu bocah menarik napas perlahan karena ia tidak memiliki uang untuk membiayai kebutuhan putrinya yang akan dirujuk ke rumah sakit Makassar.

Untuk diketahui, Ningsih sudah lama berpisah dengan suaminya dengan begitu dia bekerja keras untuk membiayai hidupnya dan biaya perawatan putri sematawayangnya itu.

Ningsih juga mengaku berharap jika ada yang mau membantu dirinya untuk meringankan biaya operasi anaknya.

“Saya juga tidak terlalu banyak berharap sama orang, namun kalau memang ada orang lain yang mau bantu dan iklan ya Alhamdulillah sekalinya kasian,” ujarnya.

Bagi para relawan yang ingin memberikan donasinya untuk membantu meringankan beban biaya operasi anaknya dapat mengirimkan melalui rekening BPD 25902010000458 atas nama Ningsi Sarmila.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button