Politik

Soal Jumlah Voters, Panitia Sebut ada 55 Hak Suara Paten di Musprov KADIN Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Jumlah voters pada musyawarah provinsi (Musprov) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sempat diperdebatkan, akhirnya menemui titik terang.

Ketua steering committee (SC) Musprov KADIN Sultra, Muhamad Saleh mengatakan untuk jumlah voters sudah ditetapkan oleh panitia.

Penetapan itu, berdasarkan hasil rapat panitia Musprov KADIN Sultra bersama dengan Dewan Pengurus (DP) KADIN Indonesia.

“Masalah keikutsertaan, kami sudah rapat dengan KADIN Indonesia siang tadi, begitu panjang dan alot,” kata dia, Senin (11/1/2021).

Lebih lanjut, dia menuturkan untuk keputusan keikutsertaan dan jumlah voters, mereka berpedoman pada surat keputusan (SK) DP  KADIN Indonesia nomor 023/DP/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Musprov KADIN Sultra.

Dimana, dalam keputusan itu panitia Musprov KADIN Sultra memutuskan masing-masing pengurus kabupaten memiliki lima voters (pemilih) dan satu peninjau.

“Peninjau ini tidak punya hak untuk memilih, hanya saja mereka punya hak untuk berbicara. Tetapi yang memiliki hak memilih itu adalah peserta penuh,” katanya.

Untuk peserta penuh, lanjut Muhamad Saleh menyebutkan ada sepuluh daerah, yakni Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Muna, Muna Barat, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe, Kolaka Utara, Buton dan Konawe Kepulauan.

“Sepuluh kabupaten ini memiliki hak suara penuh, dengan lima suara untuk masing-masing kabupaten,” jelasnya.

Sementara itu, panitia Musprov KADIN Sultra kembali memutuskan lima tambahan suara dari anggota luar biasa berdasarkan AD/ART KADIN Indonesia.

Mereka yang disebut anggota luar biasa adalah dari asosiasi ataupun himpunan. Adapun asosiasi yang berhak menyalurkan hak suaranya untuk satu suara per asosiasi yaitu Asosiasi Tenaga Ahli Kontruksi Indonesia (Astali) Sultra.

Lalu Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Sultra, Himpunan Pengembangan Pemukiman dan Pengembangan Rakyat (H3PR) Sultra, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi).

“Berarti total suara secara keseluruhan dari kepesertaan penuh ditambah asosiasi semuanya 55 suara, yang nantinya diperebutkan dua calon, yakni La Mandi dan Anton Timbang,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button