Politik

NasDem Konsel Tolak Wakil Surunuddin Dari Politisi, Ini Respon DPW

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Calon Bupati (Cabup) Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, dikabarkan bakal menggandeng anggota DPRD fraksi PKS Sulawesi Tenggara (Sultra), Rasyid, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Mendengar itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Konsel, Tasman Lamuse sontak bereaksi dengan menolak wacana Surunuddin Dangga untuk berpasangan dari unsur politisi.

Dimana dalam pemberitaan sebelumnya, Partai NasDem Konsel dan Surunuddin Dangga telah menyepakati bersama untuk wakilnya di Pilkada nanti, bukan dari unsur politisi.

Jika Surunuddin Dangga tetap mengambil pasangan dari unsur politisi, maka harus berdasarkan rekomendasi Partai NasDem Konsel.

Menyikapi persoalan tersebut, Wakil Sekretaris Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPW NasDem Sultra, Saninuh Kasim, mengatakan persoalan antara NasDem Konsel dan Surunuddin Dangga, merupakan bagian dari sebuah dinamika berpolitik.

Dia pun menganggap pernyataan Tasman Lamuse yang menolak Surunuddin Dangga berpasangan dari unsur politisi, hanya sebatas sikap pribadi sebagai pimpinan DPD NasDem Konsel. Jika secara institusi partai, semua ada mekanismenya.

“Wakil itu kami serahkan kepada pak Surunuddin untuk menentukan. Kan kita ini mau menang, tentu semua harus diperhitungkan, dan kandidat pasti lebih faham soal konfigurasi politik didaerahnya,” katanya, Selasa (31/3/2020).

BACA JUGA :

Lagipula lanjut dia, untuk di Pilkada Konsel masih dalam posisi tunggal. Sebab untuk wakil setiap calon, masih dalam tahapan survei, sebelum calon menentukan pilihan siapa yang bakal mendampinginya.

“Untuk Konsel ini memang masih tunggal karena wakil masih mau di survey dulu. Jadi kita tunggu saja hasil survey-nya dan kita bicarakan bersama kandidat, sehingga pada akhirnya semua akan clear nantinya,” jelas dia.

Namun tambah Saninuh Kasim, terpenting untuk masyarakat tahu, Partai NasDem telah mengeluarkan rekomendasi untuk Surunuddin Dangga.

“Yang harus publik tahu sekarang adalah NasDem telah mengeluarkan rekom, dan namanya NasDem rekomnya tanpa mahar dan tanpa syarat. Itu tradisi politik kami di Partai NasDem,” tukasnya.

Untuk diketahui, Partai NasDem memiliki lima kursi di DPRD Konsel. Dari lima kursi tersebut, Surunuddin Dangga hanya butuh satu kursi untuk memenuhi syarat kursi dari KPU.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button