Pendidikan

Guru Honor di Sultra Masih Membludak

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), jumlah guru yang berstatus honorer ditingkat SMA dan sederajat sebanyak 5.881 orang.

Jumlah tersebut cukup banyak, sebab mendekati jumlah guru berstatus PNS yaitu 6.878 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dikbud Sultra, LM Sholihin mengatakan, dengan banyaknya jumlah guru yang masih honorer ini menjadi kekhawatiran sebab hal tersebut menjadi polemic bagi pemerintah untuk berupaya bagaimana caranya agar status mereka bisa diangkat menjadi PNS.

[artikel number=3 tag=”honorer,pendidikan”]

“Jadi perbedaan guru PNS kita dengan guru honorer hampir sama jumlahnya. Sehingga, hal ini menjadi polemik bagi pemerintah untuk mengangangkat status mereka sebagai PNS, pasalnya jumlahnya sangat banyak,” katanya kepada awak media, belum lama ini.

Olehnya itu, Ia berharap, dengan adanya perekrutan PNS tahun 2019 ini para guru honorer dapat diberikan ruang dan menjadi mereka sebagai prioritas dalam CPNS mendatang.

“Pemerintah terus berupaya memberikan perhatian kepada pahlawan tanpa tanda jasa ini, baik itu melalui perekrutan CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” pungkasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button