Metro Kendari

Volume Sampah Meningkat saat Ramadan, DLH Kendari Imbau Warga Buang Sampah Tepat Waktu

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari memperkirakan jumlah sampah rumah tangga selama Ramadan 1443 Hijriah meningkat.

Kepala DLH Kota Kendari Nismawati mengatakan, terjadinya peningkatan jumlah sampah tersebut didasari dari proyeksi peningkatan konsumsi masyarakat kota Kendari, yang setiap berbuka puasa sering membeli makanan dari luar, ditambah lagi sampah dari para pelaku usaha.

“Dua hari belakangan ini terjadi peningkatan sampah, namun tidak terlalu signifikan. Kami masih bisa tangani, terjadinya peningkatan ini diakibatkan oleh masyarakat sering membeli makanan dari luar, artinya ada peningkatan konsumsi saat Ramadan,” ujar Nismawati di Kendari, Senin (4/4/2022).

Peningkatan volume sampah tersebut mengakibatkan banyak sopir armada yang kerjanya melebihi jam kerja atau lembur. Olehnya itu, pihak DLH memberikan kompensasi pada sopir yang lembur.

“Terjadinya produksi sampah ini mengakibatkan sopir itu mengeluh dimana seharusnya pada saat ramadan jam kerja mereka dikurangi. Namun adanya peningkatan sampah ini kami, tidak mengurangi jam kerja mereka, tetapi kami memberi penghasilan tambahan untuk para sopir,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau pada masyarakat Kota Kendari dan para pelaku usaha agar meringankan beban kerja para sopir dengan membuang sampah tepat waktu dan pada tempatnya.

“Untuk presentasi produksi sampahnya kami belum bisa menargetkan berapa karena ini baru hari kedua puasa. Namun dipastikan terjadi peningkatan sampah,” katanya.

Berdasarkan pantauan media ini, Rabu (6/4/2022) beberapa tempat pembungan sampah di Kelurahan Kambu dan Poasia mengalami peningkatan. Hal tersebut tentunya berdampak pada volume sampah hingga menjelang akhir Ramadan nanti. (bds*)

 

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button