Metro Kendari

Sampah di Kendari 300 Ton Per Hari, DLHK Upayakan Tambah Armada

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengungkap adanya peningkatan volume sampah.

Volume produksi sampah bahkan mencapai 300 ton per hari, utamanya saat momen Ramadan.

Kepala DLHK Kendari Nismawati mengatakan, tiap tahun memang ada peningkatan volume sampah, ditambah dengan momen Ramadan, tentunya produksi sampah meningkat signifikan.

Adanya peningkatan volume tersebut membuat petugas sampah DLHK bekerja ekstra mengangkut sampah-sampah yang tertampung di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang tersebar di pemukiman masyarakat.

“Jadi kami sediakan mobil pengangkut sampah, setiap petugas melakukan pengangkutan dua trip, apalagi sepanjang Ramadan hingga jelang lebaran,” ucapnya di ruang kerjanya, Selasa (10/5/2022).

Dia mengungkapkan, rata-rata produksi sampah yang ada di Kendari mencapai 260 ton hingga 300 ton tiap hari.

Lanjut dia mengatakan, dengan adanya peningkatan sampah tiap harinya, DLHK Kendari berusaha untuk menambah armada sampah.

“Buktinya kita selalu ada penambahan armada mobil pengangkut sampah, jadi penambahan itu bakal terjadi jika produksi sampah tidak terkendali,” pungkasnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk sadar dan tertib membuang sampah.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, kebersihan bukan hanya tugas DLHK tetapi mesti ada kerjasama dengan masyarakat untuk memastikan mereka taat membuang sampah,” ucapnya.

 

Reporter: Zubair
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button