Metro Kendari

Usai Petoaha-Bungkutoko, Kini Lapulu-Puday Jadi Target Pemberantasan Kawasan Kumuh

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menjadikan Kelurahan Lapulu dan Kelurahan Puday sebagai target berikutnya untuk pemberantasan kawasan kumuh usai menata kawasan Petoaha-Bungkutoko.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir optimis perwajahan Lapulu-Puday akan berubah total seperti kawasan Petoaha-Bungkutoko yang sudah tertata rapi. Bahkan bisa menjadi daya tarik warga metro untuk menikmati wahana ruang terbuka hijau yang disajikan.

“Kawasan Lapulu sampai ke pelabuhan samudera itu nanti berubah total seperti berubahnya Bungkutoko. Jadi Lapulu yang menghadap ke teluk rapi nanti. Rumah-rumah yang ada di bibir teluk ditarik naik dan yang tidak punya tanah kita masukkan ke Rusunawa. Jadi ada alternatif, masyarakat merasa tidak digusur,” ucap Sulkarnain, seperti dilansir dari laman Diskominfo Kota Kendari, Minggu (21/11/2021).

Sementara Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan, penataan kawasan kumuh merupakan salah satu misi Pemkot Kendari sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kota Kendari 2017-2022.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan penanganan bagi masyarakat yang terdampak penataan kawasan kumuh ini.

“Warga terdampak program yang bermukim di sekitar pesisir Pantai Lapulu sebanyak kurang lebih 38 KK telah kami lakukan proses penanganan dampak sosial berupa pemberian bantuan biaya hidup, biaya pindah dan sewa rumah sehingga proses pelaksanaan kegiatan diharapkan tidak mengalami kendala,” ucapnya.

Dia berharap program penataan kawasan kumuh Lapulu-Puday tuntas Juni tahun depan sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai destinasi wisata bahari baru kebanggaan masyarakat Kota Kendari. (bds*)

 

Penulis: M5
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button