Metro Kendari

UHO Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan (UPTP) menggelar workshop penulisan karya ilmiah, bertempat di salah satu hotel di Kendari, Senin (28/11/2022).

Rektor UHO yang diwakili Ketua LPPM, Hj. La Aba menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda penting untuk dilaksanakan, baik di tingkat dosen maupun mahasiswa.

Tahun ini, UHO sudah menyelenggarakan tiga kegiatan, yakni workshop pascasarjana, LPPM, dan mahasiswa. Ini difokuskan pada penulisan karya ilmiah, baik itu di skripsi, tesis, dan disertasi.

“Setiap hari mahasiswa pasti akan bergelut dengan karya ilmiah dalam mengikuti kuliah dan praktikum. Dan itu diberikan tugas yang ada kaitannya dengan karya ilmiah atau tugas akhir, olehnya itu mahasiswa harus tahu cara penyusunan karya ilmiah,” bebernya saat memberikan sambutan.

Kepala UPTP UHO Muhammad Ali Marhadi mengatakan, pada kegiatan sebelumnya workshop karya ilmiah hanya berfokus pada dosen, tetapi sekarang pihaknya mencoba fokus pada mahasiswa semester lima dan tujuh yang dihadiri oleh semua program studi lingkup UHO.

Katanya, dengan banyaknya mahasiswa yang belum paham tentang penyusunan tugas akhir, pihak UPTP memiliki inisiatif agar mahasiswa punya dasar penyusunan dengan menghadirkan workshop seperti ini.

“Para mahasiswa pasti akan menyelesaikan tugas akhir. Tentunya, landasan dan referensi penyusunan itu harus dikuasai. Olehnya itu, di pelatihan ini mahasiswa banyak belajar tentang cara penyusunan, pasalnya kami juga menghadirkan ahli di bidang itu,” terangnya saat ditemui usai kegiatan.

Ali Marhadi juga berharap kepada mahasiswa yang ingin menyusun tugas akhir itu harus asli buatan kita sendiri. Pihak UPTP tidak menginginkan mahasiswa melakukan plagiarisme atau mengambil karya orang lain.

“Itu yang kami tidak inginkan, mahasiswa harus paham cara penyusunan, sistem sudah bisa membaca buatan sendiri atau mereka mengambil karya orang. Maka hindari itu mahasiswa yang cerdas dan unggul adalah mahasiswa yang tidak mengambil karya orang lain,” pungkasnya. (bds)

Reporter: Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button