Metro Kendari

Tiga Tim UHO Telah Tampil di Pimnas 2021

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tiga dari empat tim Program Kreativitas Mahasiwa (PKM) Universitas Halu Oleo (UHO) telah tampil secara daring pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34, Rabu (27/10/2021). Dua tim PKM kategori riset (PKM-R) dan satu tim PKM kategori penerapan iptek (PKM-PI).

Tim PKM-PI dari Fakultas Teknik tampil mempresentasikan pelaksanaan programnya pada kelompok PKM-PI 2 Room 13 pada urutan kelima pukul 11.01—11.31 WITA.

Tim ini mempresentasikan hasil penelitian berjudul “Smart Portable Quality Controller Based on IoT: Inovasi Peningkatan Mutu Produk Sagu Basah pada Kelompok Produsen Sagu Tradisional Taosu”.

Mengawali presentasi, ketua tim Aditya Sukadi Putra mengutip pendapat Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto bahwa sagu merupakan “pangan sehat untuk Indonesia maju”.

Secara bergiliran, anggota tim Pebi Wahyudin, Reskal, Surya Aditya, dan La Ode Masri Ande Kolewora berkolaborasi menyelesaikan presentasi tepat 10 menit.

Tim di bawah bimbingan Hasmina Tari Mokui sebagai dosen pendamping melaksanakan penelitian dengan mitra Kelompok Produsen Sagu Tradisional Taosu, Kecamatan Poli-Polia, Kabupaten Kolaka Timur.

Perhatian Tim Pimnas UHO terhadap peningkatan kualitas dan pendapatan kelompok tani produsen sagu basah mendapat pujian dari Dewan Juri Pimnas yang terdiri atas Bandung Arry Sanjoyo (ITS), Ganden Supriyanto (Unair), dan Ngadiwiyana (Undip).

Sementara itu, Tim PKM-R dari Fakultas Farmasi tampil mempresentasikan hasil penelitiannya di Kelompok PKM-RE 10 Room 28 pukul 11.30—12.00 WITA.

Tim ini mempresentasikan hasil riset berjudul “Potensi Adaptogenik Kombinasi Infusa Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan Daun Kemangi (Ocimum sanctum L.) dalam Mengurangi Stres”.

Sebagai ketua tim, Sitti Rahmatiah mengawali presentasi bersama dua anggotanya Nugrayanti dan Citra Pebriyanti tepat 10 menit sesuai dengan ketentuan. Temuan komposisi buah mengkudu dan daun kemangi yang tepat untuk aktivitas adaptogenik yang dapat mengurangi stres ini menarik ketiga juri pimnas.

Tim juri di kelompok PKM-RE 10 Room 28 yang diketuai Profesor Usman Ahmad (IPB) mengharapkan agar temuan ini dapat ditindaklanjuti dengan mengembangkannya menjadi produk herbal sebagai alternatif terapi.

Adapun tim PKM-R dari Fakultas MIPA tampil menyajikan hasil risetnya di kelompok PKM-RE 1 Room 19 pada urutan ketujuh, pukul 12.01—12.31 WITA.

Tim ini memaparkan hasil penelitian berjudul “Inovasi Strip Kromatografi Berbasis Selulosa Nitrat dari Nata de Coco untuk Skrining Cepat Defisiensi Imunoglobulin G”.

Muhammad Syahrir Pratama sebagai ketua tim tampil mengawali presentasi dilanjutkan oleh Lia Uswatun Hasanah dan Supardi dalam waktu 10 menit. Ketua tim juri di kelompok ini Indwiani Astuti (UGM) menilai bahwa ide penelitian yang dilaksanakan di bawah bimbingan Abdul Haris Watoni ini tergolong kreatif.

Adapun tim PKM karya tulis kategori gagasan futuristik konstruktif (PKM-GFK) akan tampil Kamis 28 Oktober 2021. Pimnas ke-34 tahun ini dilaksanakan di Universitas Sumatera Utara Medan pada 26-30 Oktober 2021, diikuti oleh 735 tim berasal dari 108 perguruan tinggi negeri/swasta di seluruh Indonesia.

Agar seluruh tim tampil sebaik-baiknya, Tim Pendamping Pimnas UHO yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor III Nur Arafah melakukan pemusatan presentasi Tim Pimnas UHO di sebuah hotel di bilangan Anduonohu, Kendari. Sebelum tampil presentasi, seluruh anggota tim melakukan simulasi dan menerima pengayaan materi bidang konten dan keterampilan presentasi dari Ahmad Zaeni dan tim pendamping lain. (bds*)

Reporter : Betyrudin
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button