Metro Kendari

Ribuan Anak Ikuti Pesantren Cilik di  Masjid Al-Kautsar Kendari

Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar pesantren cilik di Masjid Al-Kautsar, Senin (27/3/2023). Asisten 3 Pemkot Kendari, Makmur mengatakan,  pesantren cilik ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter dan akhlak peserta didik, khususnya tingkat PAUD.

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti pesantren cilik tersebut sebanyak 3.400 anak yang berasal dari 17 PAUD,  diantaranya 11 PAUD negeri dan sisanya swasta.

“Kita berharap dengan mengikuti pesantren cilik tersebut para peserta didik memiliki akhlak yang islami dan menjadi pribadi yang baik untuk masa yang akan datang,” harapnya.

Ia menuturkan, pesantren cilik tersebut akan diselenggarakan di masing-masing satuan pendidikan, dengan rentang waktu tujuh hari.

“Akan diselenggarakan yakni tiga hingga lima hari disesuaikan dengan acara atau kegiatan yang dirancang oleh masing-masing satuan pendidikan tingkat PAUD,” ujar Makmur.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-kanak (KKKTK), Hadriani mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Kautsar ini merupakan pembukaan dari kegiatan pesantren cilik yang berikutnya akan dilaksanakan selama sepekan. Tujuannya untuk memotivasi semua lembaga pendidikan untuk melaksanakan pesantren cilik demi kepentingan peserta didik.

Ia menjelaskan, dalam pesantren cilik tersebut para peserta didik akan diajarkan dasar-dasar agama islam, baik itu surat-surat Al-Qur’an, mengenai sifat-sifat nabi, doa-doa dan lain sebagainya.

“Intinya seluruh dasar-dasar agama, misalnya membaca Al-Qur’an dimulai dari pembacaan Iqro dan seterusnya,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button