Metro Kendari

Prakerin SMK Satria Kendari Mandirikan Siswa Berwirausaha

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sebanyak 50 siswa SMK Swasta Satria Kendari melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin).

Selasa (29/3/2022), para.siswa mendapat pembekalan Prakerin dengan ke dunia industri. Lokasi penempatan para siswa yakni di Kota Kendari, Sultra.

Kepala SMK Swasta Satria Kendari, La Resi, menyatakan Prakerin dengan terjun langsung ke dunia usaha akan dilaksanakan selama tiga bulan.

Ia menilai Prakerin merupakan peluang terbaik siswanya dalam mengasah keterampilan, dan mengembangkan kreatifitas usaha sesuai bidang keahlian, sekaligus mempraktekkan ilmu pengetahuan tehnis yang selama ini diperoleh di bangku SMK.

“Prakerin ini dilaksanakan supaya siswa bisa mandiri dalam berwirausaha,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa siang.

Tambah La Resi, pengalaman kerja yang diperoleh siswanya, sangat berpeluang menciptakan lapangan kerja sendiri ke depan, sehingga bagus mengurangi angka pengangguran.

“Minimal mereka belajar dan bekerja mengenal dunia usaha, dan bisa menjadi tenaga kerja, atau menciptakan peluang kerja secara mandiri,” tambahnya lagi.

Tahun ini, 50 siswa yang melaksanakan Prakerin terdiri dari jurusan audio video, teknik dan bisnis sepeda motor, rekayasa perangkat lunak, dan perbankan.

“Jurusan teknik sepeda motor masih jadi primadona kami, Prakerinnya seperti di Honda Astra dan bengkel ternama lainnya,” ungkapnya.

Saat ini, pengelolaan pendidikan di SMK Satria Kendari menyita perhatian pengusaha.

Karena kualitasnya, banyak siswa didikan sekolah itu, dilirik untuk direkrut jadi tenaga kerja baru.

“Ini nilai plusnya kami di sini, banyak dilirik untuk direkrut jadi tenaga kerja yang siap bekerja, jadi setelah lulus langsung diterima kerja,” tukasnya.

 

Reporter: Zubair
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button