Metro Kendari

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Aplikasi Lokal KendariShop Diluncurkan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021, salah satu pemuda di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan sebuah aplikasi Kendari Online Shopping (KOS) atau KendariShop pada Kamis (28/10/2021).

Aplikasi KendariShop yang berbasis android itu berguna untuk pelayanan transportasi online, berbelanja secara online, dan banyak layanan lainnya yang sangat membantu kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah, utamanya pelayanan UMKM di Kota Kendari.

“Intinya KendariShop gabungan antara online shopping dengan ojek online. Jadi kalau di aplikator lain lebih banyak di food, aplikasi KendariShop, ada food-nya, ada store-nya, ada marketplace dan aksesoris handphone dan komputer,” ucap Kapten Redi Dasman, selaku Founder dari Kendari Online Shop.

Selain itu, kata dia, kelebihan aplikasi ini terletak pada harga ketika memesan makanan jauh lebih murah dibanding aplikasi lainnya. Bahkan driver dan penumpangnya saling menguntungkan.

“Kenapa saya katakan sama-sama untung karena penumpang mendapatkan harga yang lebih murah untuk menempuh jarak dari satu titik ke titik yang lain,” jelas Mantan nahkoda kapal yang akrab di sapa Kapten Red itu.

Aplikasi ini sudah berjalan dua bulan dan telah banyak pengemudi, baik motor maupun mobil yang bergabung.

“Sudah mau masuk 100 driver mulai dari yang motor dan mobil, kalau untuk food itu dari toko yang besar sampai yang kecil, yang jualan pisang ijo pun ada, transaksinya pun bisa nontunai dan tunai,” bebernya.

Dijelaskan, dengan launching-nya aplikasi ini, masyarakat diminta mendownload melalui Playstore karena aplikasi ini dibuat oleh pemuda Kota Kendari.

“Ini aplikasi kita sendiri orang lokal punya, aplikasi orang Kendari silakan pakai, silakan besarkan jagan hanya jadi penonton saja,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk sementara aplikasi KendariShop buka perdana di wilayah Kota Kendari dan nantinya ketika besar akan dibuka di seluruh kabupaten dan kota se-Sulawesi bahkan se-Indonesia.

Untuk bergabung dalam keanggotaan KOS tersebut terbilang mudah, cukup dengan mendownload, selanjutnya melakukan registrasi dan memilih untuk menjadi driver, merchant maupun mitra.

“Untuk driver, jangan lupa menyediakan berkas yang diperlukan untuk kemudian divalidasi oleh sistem,” pungkasnya. (bds*)

 

Reporter : Erik Lerihardika
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button