Metro Kendari

Nasib La Ngunggu Tinggal di Sebuah Gubuk, Ini Respon LRSLU Minaula Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Seorang kakek La Nggugu, umur 80 tahun, yang tinggal di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, ia sudah 30 tahun tinggal disebuah gubuk yang dibangunnya sendiri dari tumpukan seng bekas dan menggali tanah di tepi kebun yang akses serta kontur tanahnya cukup curam di Kelurahan Mangga Dua.

Kegiatan sehari-hari kakek La Nggugu dengan mengumpulkan barang bekas seperti botol serta tidak jarang membersihkan fasilitas umum yang ada di sekitar Kota Kendari. Tinggal sendiri di gubuk selama berpuluh tahun sontak membuat viral di Media Nasional.

Kondisi tersebut sangat memperihatinkan, walaupun kakek La Nggugu merasa nyaman tinggal ditempat tersebut. Namun yang menjadi perhatian adalah ketika hal yang tidak terduga terjadi seperti sakit atau membutuhkan pertolongan, masyarakat sekitar bahkan pemerintah setempat tidak dapat mengetahui kondisinya tersebut.

Suasana Tempat Tinggal Kakek La Ngunggu di Kelurahan Mangga Dua, Kec. Kendari, Kota Kendari.

Menanggapi pemberitaan di media Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Kendari melakukan respon kasus langsung ke rumah kakek La ngunggu. Dipimpin langsung oleh Kepala LRSLU “Minaula” Kendari Syamsuddin, bersama Pekerja Sosial Pertama Muhammad Akbar dan Perawat Astiar Towa mengunjungi kakek La Ngunggu pada hari senin 17 Februari 2020.

LRSLU “Minaula” Kendari Syamsuddin pun melakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek tekanan darah dan pemberian obat.

“Ini adalah bentuk perhatian semua pihak, kami dari tim LRSLU “Minaula” Kendari menerjunkan langsung tenaga kesehatan dan obat obatan,” ujarnya.

Lanjutnya, Kedepannya kelengkapan administrasi dengan bantuan kecamatan, kelurahan terkait KTP dan BPJSnya untuk ke rumah sakit maupun Puskesmas sangat kami harapkan. Sehingga program-program pemerintah dari Kemensos RI melalui LRSLU “Minaula” Kendari dapat diterima oleh kakek La Nggungu.

Dalam kesempatan ini LRSLU “Minaula” Kendari juga telah berkoordinasi dan bersama sama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) Al Jannah Kota Kendari agar Kakek La Nggungu terus mendapatkan pendampingan, dan setelah identitasnya lengkap, agar segera dimasukkan dalam DTKS, agar beliau bisa mendapatkan Bantuan sosial Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU) dari Kementerian Sosial dalam bentuk Bantuan Bertujuan Lansia (Bantu LU), perawatan sosial, terapi dan dukungan keluarga.

“Kakek La Nggungu memang sangat layak untuk akses dengan bansos tersebut,” Tutupnya.

BACA JUGA :

Menanggapi kondisi kakek La Nggugu tersebut, dari pihak Kecamatan melalui Camat Kendari L.M. Maluadi Poto merespon kondisi kakek La Nggugu tersebut bahwa “alhamdulillah hari ini (senin 17/02/2020) kita sama-sama semua turun secara terpadu di rumahnya kakek La ngunggu ini, antisipasi kedepannya  itu karena dia belum ada (NIK) secara administrasi

“Insya Allah besok kita buatkan KTPnya sekaligus Kartu Keluarganya karena dia sendiri tinggal sebatang kara. Inilah jalan kita pemerintah untuk serius menangani, kedepannya juga setelah KTP nya, kita buatkan rumah yang untuk layak dia huni walaupun hanya 5×5 sebagai perhatian dari Pemkot Kendari,” ungkapnya.

Disamping itu, pihak Polres Kendari selain memberikan bantuan sembako juga mengerahkan anggotanya untuk turut serta membantu Kakek La Nggugu. Hal ini seperti dituturkan oleh Kasat Binmas Polres Kendari AKP Yusuf

“Yang jelas kami dari Pihak Kepolisian sudah mengambil langkah hari ini, bersama Pemerintah Kecamatan,  Kelurahan, dan yang jelas kegiatan ini sudah ada bidangnya. Tapi toh, kalau mau kita swadayakan boleh juga, nanti kita kolaborasikan dilapangan,” ungkapnya.

Reporter: Sesra

Editor: Haikal

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button