Metro Kendari

Meriahkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, PMI Kendari Gelar Donor Darah

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kendari ikut serta memeriahkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) dengan menggelar donor darah di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (9/10/2021). Donor darah ini juga kerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kendari.

Perwakilan PMI Kendari dr. Malik mengatakan, sejak pandemi Covid-19, PMI sangat membutuhkan persediaan darah karena jumlah pendonor yang menurun drastis. Sementara data menunjukkan bahwa setiap delapan detik ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia.

Ia juga menjelaskan, prosedur pelaksanaan donor darah seperti biasa yakni peserta mengisi formulir, lalu kondisi kesehatannya diperiksa apakah memenuhi syarat atau tidak.

Untuk syarat mutlak donor darah itu sendiri yang pertama umur minimal 17-60 tahun, sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 48 kg, tidak sedang menstruasi atau hamil, dan tidak sedang mengonsumsi obat-obatan.

Lebih lanjut dr. Malik menyebut, PMI Kendari menyediakan 71 kantong darah, dan siang tadi sudah ada 67 kantong yang terkumpul.

Ketua Panitia BKGN Kota Kendari I Made Adi Saputra menyampaikan terima kasih kepada PMI Kendari.

Ia mengatakan bahwa semenjak pandemi Covid-19, para pendonor memang turun dratis. Strategi yang dilakukan adalah mengajak masyarakat agar tidak takut mendonorkan darahnya. (bds*)

 

Reporter: M/IS
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button