Metro Kendari

Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Kendari, GPMD Gelar Nasional Seri Minat Baca

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM- Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional, menggelar Webinar Nasional Seri Minat Baca (SMB) ke-22 di Media Center Rujab Wali Kota, Minggu (13/3/2022).

Ketua Pengurus Daerah GPMB Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, untuk bisa menumbuh kembangkan minat atau gemar membaca pada masyarakat yakni dengan menghadirkan buku disetiap permasalahan atau aktivitas sehari-hari.

“Dengan membaca hal yang kita sukai, kita butuhkan atau relevan dengan bidang keilmuan kita, maka akan menghadirkan ketertarikan, kenyamanan sehingga membuat betah untuk terus menggali lebih dalam serta menuntaskan bahan tersebut dan bahkan lanjut pada tema yang lain,” ujar Sri Lestari Sulkarnain di Kendari, Minggu (13/3/2022).

Dia mengatakan, dengan membaca lebih dari sekadar jendela dunia, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membaca buku, misalnya meredakan stres, mengurangi gejala depresi, mempermudah tidur, hingga mencegah penurunan kognitif. Meski demikian, minat baca yang rendah menyebabkan kegiatan ini kurang diminati oleh sebagian kalangan. Sebagai solusinya, Anda bisa mempelajari berbagai cara meningkatkan minat baca berikut ini.

Lanjut, dia juga memberikan kiat-kiat meningkatkan minat baca yaknj Read What you love until you love atau berkenalan dengan penulis ternama, membaca buku, kemudian Tltonton filmnya, pajang buku di rumah, jalan-jalan ke perpustakaan.

Lalu selanjutnya yakni, mulailah buku dengan isi yang ringan, hadirkan buku di setiap permasalahan sehari-hari, jadikan buku sebagai hadiah, orang tua mencontohkan budaya membaca pada anak serta mencari tempat sepi dan hening saat membaca

Dia juga ingin memastikan bahwa masyarakat Kota Kendari mengikuti minat dan selera baca mereka. Jika mereka benar-benar membaca sesuai minatnya, maka bisa menjadi langkah untuk menghadirkan gemar membaca dalam kehidupan sehari-hari.

 

Reporter: Zubair
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button