Metro Kendari

Mahasiswa UHO Ikut KKN Tematik 2022: Sosialisasi Mitigasi Bencana

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik tahun 2022. Dengan mengusung tema penguatan kapasitas dan sinergitas kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir, kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Pelaksanaan KKN ini akan dilaksanakan  selama satu bulan dimulai sejak 2 Agustus sampai 2 September 2022. Kegiatan ini  didampingi lima dosen sekaligus yakni Weka Widayati, Sawaludin, Anita Indriasary, Weko Indira Romanti Aulia dan Saban Rahim.

Sementara itu, dalam pelaksanaan KKN akan melakukan prosedur kerja yang nantinya bukan hanya melalui daring tetapi juga sosialisasi langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya dalam program kegiatan PPM terintegrasi KKN Tematik diantaranya survei dan pemetaan rawan bencana banjir, sosialisasi bencana banjir melalui penguatan kapasitas dan sinergitas kesiapsiagaan masyarakat dan pembuatan rambu-rambu jalur evakuasi.

Pada pelaksanannya, ada beberapa metode yakni dengan sosialisasi, survei, pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan pendampingan serta pendataan hasil kegiatan.

Perwakilan Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Prof. Weka Widayati menjelaskan, sebanyak 15 mahasiswa ikut KKN Tematik dari berbagai jurusan dengan melakukan mitigasi bencana banjir yang terletak di Kelurahan Wawombalata.

Katanya, dipilihnya Kelurahan Wawombalata karena merupakan salah satu wilayah rawan bencana banjir yang terjadi genangan  terutama pada wilayah kerendahan.

“Sehingga saya berharap pada peserta KKN dalam pelaksanaan program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat belajar bersama masyarakat dan mengembangkan bidang ilmu masing-masing,” harapnya.

Untuk peserta KKN dapat disinkronkan dengan tema serta kondisi dan permasalahan di lokasi sehingga menjadi pembelajaran faktual di lapangan relevan dengan bidang ilmu dan kebutuhan masyarakat dalam implementasi mitigasi bencana. Khususnya banjir dan tanah longsor berdasarkan pemetaan sumber daya alam dan lingkungan.

“Pada Tim KKN tematik ini juga dapat  menjadi motivator kreatif sosialisasi mitigasi bencana di masyarakat,” tutupnya. (bds)

 

Reporter: Sesra
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button