Metro Kendari

Loka Minaula Kendari buka Dapur Umum untuk Penanganan Terdampak Covid-19

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Loka Minaula Kendari sebagai UPT Kementerian Sosial (Kemensos) RI dibawah Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia membuka dapur umum untuk membantu warga terdampak Covid-19.

Berdasarkan arahan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, salah satu dukungan dari Kemensos adalah bantuan berupa makanan bernutrisi dari dapur jmum lapangan yang semula hanya ada di Jawa dan Bali mulai diperluas dan dilaksanakan oleh UPT Kemensos di seluruh Indonesia.

Pemberian nutrisi tersebut berupa nasi kotak berisi nasi, lauk nabati dan hewani, sayuran dan buah-buahan. Loka Minaula Kendari, membuka dapur umum sejak tanggal 15-16 Juli.

Loka Minaula Kendari menyiapkan 50 kotak nasi setiap harinya. Nasi kotak tersebut disiapkan langsung oleh Pegawai Loka Minaula Kendari dengan tetap mempertahankan safety first.

Pegawai yang memasak dicek kesehatannya dan dipastikan negatif swab antigen. Selain itu, juga tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) memakai masker dan sarung tangan.

Nasi kotak tersebut juga didistribusikan langsung oleh Pegawai Loka Minaula Kendari bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 seperti masyarakat kurang mampu dan pedagang-pedagang kecil.

Kepala Urusan Tata Usaha Loka Minaula Kendari, Sri Indrawati menyampaikan, mendapatkan arahan dari Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial untuk membuka dapur umum.

“Sehingga kami langsung mempersiapkan dan melaksanakannya,” kata dia, Jumat (16/7/2021).

Dengan memberdayakan seluruh pegawai secara terjadwal, mulai dari berbelanja, memasak dan pendistribusian, juga memanfaatkan tanaman sayuran hidroponik yang ada di Loka Minaula Kendari.

Salah satu lansia pedagang kecil yang menerima bantuan nutrisi dari dapur umum Loka Minaula Kendari mengatakan, semenjak pandemi Covid-19, jumlah pembeli berkurang.

“Sepi pembeli, terima kasih Minaula, saya bisa membeli kebutuhan yang lain,”

Diharapkan dengan pemberian nasi kotak ini dapat menambahkan nutrisi dan membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button