Metro Kendari

Hari Pangan Sedunia, Kebun Raya Kendari Bakal Dilaunching

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari akan melaunching Kebun Raya (Camping Ground) sebelum momen peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang akan digelar di Kendari awal November mendatang.

“Kita akan launching Kebun Raya Insyaallah menjelang HPS, kita juga akan koordinasikan dulu pihak LIPI dan Kebun raya Bogor karena kita akan mengundang mereka,” tutur Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (10/9/2019).

[artikel number=3 tag=”kebun raya kendari,hari pangan sedunia”]

Politisi PKS ini berharap nantinya Menteri Lingkungan Hidup dapat hadir diacara launching Kebun Raya Kota Kendari.

“Minimal pak gubernur bisa launching, tapi kita berharap mudah-mudahan berkenan ibu Menteri Lingkungan Hidup bisa hadir,” tambahnya.

Sebelum launching, Sulkarnain Kadir bakal tampil menjelaskan koleksi aneka flora di Kebun Raya Kendari.

Bahkan, rencana Sulkarnain, pada momen HPS mendatang seluruh duta besar dan para gubernur bakal berkesempatan menanam pohon di Kebun Raya Kendari.

Diketahui, Destinasi yang menjadi favorit warga Kota Kendari berlokasi di Desa Nanga-nanga, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, dengan jarak sekitar 30 menit dari pusat Kota. 

Kebun Raya Kendari dibangun di lahan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) seluas 96 hektar dan berada di bagian selatan garis Khatulistiwa.

Keberadaannya dibekas lahan penambangan pasir dan batu serta penebangan kayu ilegal, menjadikan Kebun Raya Kendari memiliki fungsi konservasi dan jasa lingkungan yang tinggi. Bahkan sejak ditetapkannya kawasan Kebun Raya Kendari, aktifitas penambangan serta penebangan secara ilegal, berkurang.

Dengan kehadiran Kebun Raya, kondisi lahan area batuan Ultra Basic yang rusak akibat kegiatan penambangan dan penebangan ilegal perlahan bisa dipulihkan.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button