Metro Kendari

Gubernur Sultra Terima Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan RI

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Penyerahan dilaksanakan pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional RI pada tanggal (14/9/2021).

Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka adalah penghargaan tertinggi pemerintah bidang perpustakaan, kepada Ali Mazi, Gubernur Sultra yang memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan minat baca dan kebiasaan kegemaran membaca masyarakat Sultra.

Ali Mazi sebagai Gubernur yang visioner dengan sejuta gagasan sangat layak untuk menerima penghargaan tersebut, dalam membangun Sultra 3 tahun terakhir kepemimpinannya dalam bidang perpustakaan.

Bangunan perpustakaan modern Sultra yang terdiri dari tujuh lantai, pembangunan fisik sudah selesai dan saat ini sudah berjalan pekerjaan interior otomatis dan penataan halaman yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2021ini.

Pemerintah Prov. Sultra menjadikan pembagunan perpustakaan modern sebagai salah satu program prioritas dalam mendukung program pemerintah pada pemberantasan kemiskinan sehingga dapat memberi kontribusi yang tinggi terhadap pencapaian terhadap terwujudnya Sultra Cerdas yang bermartabat.

Perpustakaan modern Sultra akan dikembangkan dengan pendekatan inklusif yang mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkegiatan diperpustakaan.

Pendekatan inklusif memandang perpustakaan merupakan sub system sosial dalam system masyarakat. Untuk perpustakaan modern dirancang agar dimanfaatkan kepada masyarakat Sultra.

Melalui pendekatan inklusif perpustakaan modern Sultra akan menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh solusi dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan.

Perpustakaan memiliki peran penting dalam menghimpun, mengelola dan melestarikan karya cetak dan karya rekam agar gagasan, pemikiran, pengalaman dan pengetahuan yang ada didalamnya disampaikan kepada generasi sebelumnya.

Gubernur Sultra telah mentorenkan gagasan besar untuk masa depan generasi di bumi Anoa Sulawesi Tenggara dalam membangun gedung Perpustakaan Modern sebagai salah satu upaya nyata dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia unggul yang berkualitas dan bermartabat.

Reporter: Betyruddin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button